3T Masih Minim Infrastruktur Kesehatan

Dibaca: 892 kali  Selasa,13 Mei 2014 | 10:48:00 WIB

3T Masih Minim Infrastruktur Kesehatan
Ket Foto :

SELATPANJANG - Kecamatan Tebingtinggi Timur (3T), saat ini masih minim dengan infrastruktur kesehatan. Seperti di RT Nerelang, Desa Sungaitohor Barat. Masyarakat yang mayoritasnya adalah komunitas adat terpencil (suku akit) tidak memiliki tenaga pelayanan kesehatan.
 
"Kami tidak punya bidan apalagi dokter disini, kalau sakitpun kami harus lakukan pengobatan secara kampung. Kami senang juga relawan GMB datang dengan tim kesehatan dari PMI, karena kebetulan ada anak yang sakit, mudah-mudahan bisa disembuhkan," ungkap Mahmud, Ketua RT Nerelang.
 
Minimnya infrastruktur kesehatan di Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau ini, juga diungkapkan oleh Camat, Helfandi. Menurut Camat, untuk Puskesmas baru tahun 2014 ini dibangun di kecamatan yang ia pimpin.
 
"Lahannya sudah kita siapkan sejak 2 tahun yang lalu. Sedangkan untuk tenaga medis dan para medis Kecamatan 3T ini hanya punya 1 dokter saja. di Desa Sungaitohor, Tanjung Gadai dan Lukun masing-masing hanya ada 1 orang bidan dan 1 perawat. Desa Batin Suir, Kepaubaru, Sungai Tohor Barat, Sendanu Darul Ihsan dan Tajung Sari, hanya ada 1 orang bidan. Desa Teluk Buntal ada 2 orang bidan," beber Helfandi.
 
Helfandi punya harapan ada Puskesdes untuk dibeberapa desa agar masyarakat bisa mengakses pelayanan kesehatan. "Sebenarnya kita butuh seperti pustu/Puskesdes, misalnya untuk Desa Kepaubaru, dan tenaga medis kurang 1 orang medis/para medis. Desa ini butuh 2 titik karna jarak dusunnya masih belum tersambung jalan darat, yang sekarang tenaga kesehatan hanya 1 orang dan polindes/poskedesnya masih numpang rumah masyarakat.
 
"Sedangkan, Desa Batin Suir khusus Dusun Tanjung Keridi juga kita kekurangan Poskedes/polindes masih kurang 1, artinya disitu perlu dibangun fasilitas kesehatan karena masyarakat di dusun itu sangat jauh ke pusat pelayanan desa," ucapnya.
 
Sementara untuk kebutuhan dokter, lanjut Helfandi, butuh minimal 3 dokter. Sementara saat ini cuma 1 dokter PTT. Kedepan dengan adanya puskesmas tahun 2015 nantinya perlu lebih banyak lagi untuk dokter perawat dan bidan.
 
"Kita sudah mengajukan utk pembangunannya setiap tahun, belum terealisasi. Persoalan tenaga kesehatan perlu ditambahkan tunjangan khusus untuk daerah terpencil, jika tidak begitu mereka tidak betah bertugas disana, karena banyak kekurangan disana sini, mulai dari Rumah dinas termasuk fasilitas lainnya," tandas Camat. (rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com