PNS Pemkab Kepulauan Meranti Peroleh KPE

Dibaca: 945 kali  Rabu,14 Mei 2014 | 02:32:00 WIB

PNS Pemkab Kepulauan Meranti Peroleh KPE
Ket Foto :

SELATPANJANG - Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti sudah dibekali Kartu Pegawai Elektronik (KPE). Kartu tersebut tidak hanya berfungsi untuk pelayanan status kepegawaian, namun juga dapat dimanfaatkan untuk kemudahan transaksi perbankkan.
 
Demikian diungkapkan Deputi INKA BKN Pusat, Edy Wahyono, saat lounching KPE yang dilaksanakan di Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Senin kemarin. Dikatakannya, implementasi KPE ini merupakan program nasional BKN untuk memberikan pelayanan kepada PNS, guna meningkatkan kinerja serta memberikan kepastian data mereka selama menjadi PNS di Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.
 
"Kartu Pegawai (Karpeg) yang sebelumnya hanya untuk indentitas PNS, tapi dengan KPE ini maka chip yang ada didalam kartu menyimpan informasi dan data PNS bersangkutan. Artinya tidak ada lagi pemalsuan data, karena PNS itu sendiri yang menggunakan Kartunya. Disamping itu, KPE ini juga sebagai kartu Multiguna yang dapat mengakses fasilitas layanan di Bank," ungkapnya.
 
Sekda Kepulauan Meranti, Iqaruddin, mengaku dengan sistem KPE sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi PNS dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti. "KPE ini sangat baik. Karena akan semakin memberikan kemudahan bagi PNS nantinya dalam berbagai hal seperti menyimpan uang, melakukan transaksi dengan kecanggihan KPE," katanya.
 
Sementara, Direktur Dana dan Jasa Bank Riau Kepri, Nizam, usai acara menjelaskan, bahwa Bank Riau Kepri telah memiliki banyak fitur-fitur layanan perbankkan yang bisa diakses dengan menggunakan KPE yang terintegrasi dengan kartu ATM Bank Riau Kepri, sehingga nantinya dapat dinikmati oleh PNS di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Fitur yang diberikan antara lain berfungsi sebagai Kartu ATM yang dapat di gunakan diseluruh ATM Bank Riau Kepri, ATM Bersama, ATM Malaysia Electronic Payment System (MEPS) dan ATM Prima dengan berbagai fasilitas menu. Selain itu juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran tagihan Telepon, listrik, Merchant, dan sebagai kartu Debit," ungkapnya.
 
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa di dalam KPE PNS itu sendiri ada dua pembaca data, yakni menggunakan chip dan magnetik. Pembuatan kartu tersebut juga menjadi tanggungjawab pihak Bank Riau Kepri atas setiap PNS yang akan diberikan.
 
"Kita mengeluarkan anggaran Rp500 ribu tiap KPE tersebut dan memberikannya secara cuma-cuma kepada PNS. nantinya untuk mendukung penggunaan KPE tersebut, kita akan mengusulkan pembangunan ATM KPE di Kota Selatpanjang, termasuk mesin pembaca berkode. Sehingga memudahkan pemilik kartu yang akan menggunakannya, termasuk meng-update data pemegang KPE," ujarnya.
 
Dalam launching KPE itu, juga dilakukan penyerahan simbolis KPE kepada sejumlah pejabat Pemkab, termasuk melakukan demonstrasi pemanfaatan KPE, seperti tata cara transfer pulsa, transfer uang dan pengecekan saldo serta lainnya. (rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com