Camat 3T Antar Kursi Sekolah Ke Nerlang

Dibaca: 1490 kali  Senin,26 Mei 2014 | 10:51:00 WIB

Camat 3T Antar Kursi Sekolah Ke Nerlang
Ket Foto :

SELATPANJANG - Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi, mengaku turut prihatin dengan kondisi pembangunan di RT Nerlang, Desa Sungaitohor Barat yang dihuni 50 Kepala Keluarga (KK). Untuk itu pada Minggu (25/05/2014), Camat beserta staf mengantar langsung bantuan kursi itu untuk sekolah yang ada di Nerlang.
 
“Memang kondisinya sangat memprihatinkan, untuk itu hari ini kita melakukan peninjauan lagi ke lapangan dan menyerahkan bantuan kursi untuk sekolah yang ada di RT Nerlang,” kata Camat kepada wartawan.
 
Menurutnya, masyarakat Nerlang yang umumnya adalah suku akit atau Komunitas Adat Terpencil (KAT), kata Camat, sangat perlu perhatian dari pemerintah, karena berbagai fasilitas umum seperti infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, listrik dan air bersih sama sekali tidak ada.
 
“Kemiskinan Komunitas Adat Terpencil di Nerlang ini dikarenakan oleh tidak adanya akses jalan untuk menuju pusat Desa Sungaitohor Barat dan pusat Kecamatan di Desa Sungaitohor. Untuk menjangkau Nerlang harus menggunakan transportasi laut, dan jarak laut ke pemukiman warga Nerlang sekitar 2 kilometer,” ungkapnya.
 
Camat mengatakan, dirinya sangat menyambut baik atas banyaknya perhatian ke Nerlang dari berbagai kalangan. Para pemerhati ketertinggalan pembangunan daerah seperti Gerakan Meranti Berkibar (GMB) bersama Pemerintah Desa Sungaitohor Barat, dapat mendorong pengentasan ketertinggalan di wilayah Nerlang.
 
“Bantuan kursi sekolah yang kami serahkan juga tidak seberapa bila dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat disini. Namun kehadiran saya disini juga untuk menginventarisir skala prioritas perencanaan pembangunan seperti infrastruktur jalan akses dari pelabuhan ke pemukiman, ke pusat desa, pusat kecamatan dan fasilitas lainnya, termasuk upaya mendorong peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Helfandi.
 
Namun demikian, Camat juga mengatakan bahwa pembangunan tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi perlu proses perencanaan dan data yang akurat sesuai fakta dan skala prioritas yang dibutuhkan masyarakat.
 
“Alhamdulillah, Kades setempat juga sudah menganggarkan dana dari ADD untuk kepentingan pendidikan dan pembangunan fasilitas lainnya. Dan kami dari Kecamatan juga akan menghimbau peran para pengusaha terdekat, SKPD terkait di Pemkab dan Pemprov, karena ini tugas kita bersama,” kata Camat Helfandi. (rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com