Bangun Fasilitas Air Bersih

Bupati Irwan Restui Investasi BUMN Singapura

Dibaca: 835 kali  Kamis,12 Juni 2014 | 03:41:00 WIB

Bupati Irwan  Restui Investasi BUMN Singapura
Ket Foto :

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, akhirnya merestui rencana investasi fasilitas air bersih oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Singapura di daerah ini. Restu itu ditandai dengan penanda-tanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Selatpanjang, baru-baru ini.
 
Penanda-tanganan MoU tersebut, kata Irwan, dalam rangka menyikapi keluhan dan aspirasi kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas pengelolaan air bersih di Kabupaten Kepulauan Meranti, terutama dalam menghadapi musim kemarau setiap tahunnya.
 
"Kita menyambut baik minat investor yang ingin membantu kita mengatasi masalah air bersih terutama air minum. Kita berharap bisa mengatasi masalah air untuk jangka panjang, hingga 10 sampai 15 tahun ke depan," kata Bupati Irwan.
 
Menurutnya, masalah air bersih di Kabupaten Kepulauan Meranti harus memperhatikan perkembangan jangka panjang. Soalnya, daerah ini terus tumbuh dan berkembang dari sisi jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi, sehingga kebutuhan air akan semakin meningkat setiap tahunnya.
 
"Kita berharap pihak Water Tech bisa langsung melakukan kajian dan mengembangkan lokasi-lokasi sumber air untuk kemudian diolah menjadi air bersih," tambah Bupati.
 
Bupati menjelaskan, mengatasi problem air di Kepulauan Meranti tidak gampang karena keterbatasan sumber air bersih. Dia memperkirakan keberadaan tasik (danau, red) sebagai sumber air alami saat ini tidak akan mencukupi sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan dalam 10 hingga 15 tahun ke depan.
 
"Kita mendukung penuh investasi ini karena menyangkut kebutuhan masyarakat banyak. Kita akan beri kemudahan perizinan dan perpajakan. Terlebih ini murni menggunakan dana mereka sendiri tanpa dana dari pemerintah daerah sepeser pun," papar Bupati.
 
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, minat serius untuk mengolah air bersih itu diutarakan oleh Division Director Water Tech Pte Ltd, Dawn Kong, saat presentasi prospektif bisnis pengelolaan air bersih di Kantor Bappeda Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Menurut Dawn Kong, Water Tech Pte Ltd sudah sangat berpengalaman dalam pengelolaan sumber air baku menjadi air bersih di Singapura. Tidak hanya di negerinya saja, BUMN milik Singapura ini sudah melakukan ekspansi bisnis pengelolaan air bersih ke China, Mongolia, Timur Tengah hingga ke Amerika Utara.
 
Dawn Kong mengaku sangat antusias diberi kesempatan mengatasi problem air di Kepulauan Meranti. Dia mengatakan akan langsung melakukan kajian untuk mendapatkan tempat-tempat yang layak dibangun Water Treatment Plant (WTP).
 
"Kami sangat berterimakasih atas sambutan Pak Bupati. Kami dalam waktu dekat akan melakukan kajian guna mendapatkan sumber air atau membangun tempat yang tepat sebagai Water Treatment Plant (WTP)," sebut Mrs Dawn melalui juru bahasanya. (rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com