Wabup Prihatin Anak Putus Sekolah Karena Ekonomi

Dibaca: 1690 kali  Rabu,18 Juni 2014 | 09:28:00 WIB

Wabup Prihatin Anak Putus Sekolah Karena Ekonomi
Ket Foto : Ilustrasi

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Masrul Kasmy, mengaku sangat menyayangkan banyaknya anak putus sekolah karena alasan ekonomi di daerah ini. Ia berharap para orang tua mendukung program wajib belajar, dan tidak ada lagi anak usia sekolah yang harus bekerja.
 
Demikian diungkapkan Wabup Masrul Kasmy, dalam sambutannya saat acara penyerahan Zakat dalam bentuk Beasiswa yang dikelola oleh majelis guru SMK Negeri 1 Selatpanjang, belum lama ini.
 
"Sebenarnya banyak sekali di kampung-kampung di penjuru Kepulauan Meranti ini, anak anak wajib belajar yang belum menikmati haknya dalam mendapatkan pendidikan semestinya. Mereka putus sekolah untuk bekerja karena alasan ekonomi orang tuanya," ungkap Wabup.
 
Dicontohkannya, adalah anak bernama Doni yang sengaja ia bawa ke acara di sekolah itu, mudah mudahan berkat pengelolaan zakat yang baik, Doni yang sempat putus sekolah Kelas 1 SMA Negeri 3 Selatpanjang, dapat disekolahkan lagi melalui dana BAZNAS Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Doni ini, setahun yang lalu sekolah di SMAN 3 Jalan Dorak Selatpanjang, tapi karena musibah setahun yang lalu emak atau orang tua perempuannya meninggal dunia. Sementara ayahnya sakit-sakitan, dia berhenti sekolah sejak kelas 1," ucapnya.
 
Wabup mengajak semua pihak yang masih mendapatkan hak untuk mengenyam pendidikan dengan baik, untuk mensyukuri karunia yang diperoleh dari Allah SWT, "Sebab masih banyak lagi doni doni lain di kabupaten ini yang perlu memperoleh perhatian serius dari kita semua," kata dia.
 
Masrul Kasmy juga menyayangkan adanya sikap orang tua yang kurang mendukung program wajib belajar, sehingga masih adanya anak anak usia sekolah yang harus bekerja di berbagai lini, guna mencari uang membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.
 
"Kita berharap jangan ada lagi anak putus sekolah di Kepulauan Meranti ini hanya gara-gara alasan ekonomi," tambahnya. (rep01/sas)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com