Camat 3T Ingatkan Kades Transparan Soal ADD

Dibaca: 1326 kali  Senin,14 Juli 2014 | 05:15:00 WIB

 Camat 3T Ingatkan Kades Transparan Soal ADD
Ket Foto :

SELATPANJANG - Camat Tebingtinggi Timur (3T), Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Helfandi SE MSi, meminta seluruh Kepala Desa di Kecamatan ini untuk membangun akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD). Hal itu bertujuan untuk membangun kepedulian partisipasi masyarakat membangun desa.

“Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan ADD itu sangat penting untuk membangun kepercayaan, kepedulian serta partisipasi masyarakat dalam berbagai program pembangunan di desa,” ujarnya, saat Safari Ramadhan di Masjid An-Nabawi, Desa Batin Suir, kemarin.

Ia mengatakan, dalam juklak pengalokasian ADD di setiap Desa, juga ada peruntukan dana untuk menggerakkan kegiatan organisasi kemasyarakatan, seperti kepemudaan, kepengurusan rumah ibadah, PKK, LPM dan lainnya.

“Jadi jangan lupakan peran tokoh masyarakat, para tokoh perempuan, tokoh agama, tokoh pemuda dan lainnya dalam membangun peran organisasi yang mereka urus. Peruntukan dana itu harus transparan dan dipertanggungjawabkan, jangan hanya diketahui oleh beberapa perangkat desanya saja,” ingat Camat.

Kedepan pada tahun anggaran 2015, ungkap Camat Helfandi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah berkomitmen untuk mengalokasikan dana lewat APBD untuk pembangunan infrastruktur desa sebesar Rp1,5 Miliar di setiap Desa.

“Alokasi dana itu akan diserahkan pengelolaannya kepada Pemerintah Desa dengan mengadopsi pola PNPM Mandiri. Untuk itu tolong semua Kades membangun sistem akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah desa. Jangan sampai nantinya malah berperkara setelah diaudit oleh Inspektorat dan BPK,” ucapnya. (rep01/sas)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com