3T Dapat Dana PNPM 2014 Rp6 Miliar

Dibaca: 986 kali  Senin,21 Juli 2014 | 12:48:00 WIB

3T Dapat Dana PNPM 2014 Rp6 Miliar
Ket Foto :

SELATPANJANG - Tahun Anggaran 2014 ini Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, mendapat alokasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) sebesar Rp6 Miliar lebih. Umumnya alokasi dana tersebut di fokuskan bagi pembangunan infrastruktur.
 
Demikian diungkapkan Camat Tebingtinggi Timur (3T), Helfandi SE MSi, saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (20/7/2014) via selulernya.
Helfandi mengatakan, proyek fisik yang masuk dalam PNPM tahun ini, antara lain seperti pembangunan Kantor Desa, pintu klip dan rabat beton.
 
Untuk tahun 2014 ini, total alokasi anggaran untuk kegiatan PNPM di Kecamatan Tebingtinggi Timur sebesar Rp6 Miliar, dari total Rp6 Miliar itu, Rp3,5 Miliar adalah dukungan dari APBD Kabupaten Kepulauan Meranti dan sisanya Rp2,5 Miliar murni berasal dari anggaran PNPM itu sendiri.
 
"Total anggaran PNPM tersebut, difokuskan untuk membiayai kegiatan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur fisik diberbagai pelosok perdesaan dalam Kecamatan Tebingtinggi Timur," ungkap Camat.
 
Dijelaskan Camat Helfandi, pembangunan yang dibiayai oleh PNPM tersebut sudah ditentukan titik pelaksanaannya. Saat ini beberapa diantaranya masih dalam proses pengerjaan dan sebagiannya lagi masih menunggu proses pencairan anggaran.
 
Program PNPM tahun 2014 ini diantaranya pembangunan 2 unit Kantor Desa, yakni di Desa Sendanu Darul Ihsan (SDI) dan Desa Batin Suir. Kemudian pembangunan rabat beton di Desa Tanjungsari, Telukbuntal, Sungaitohor, Kepaubaru, Lukun, Tanjunggadai dan Nipahsendanu.
 
"Sementara ini masih ada pelaksanaan kegiatan PNPM Tahun Anggaran 2013 lalu untuk pembangunan fisik Balai Desa di Sungaitohor dan Desa Nipah Sendanu," ujarnya.
 
Selain untuk pembangunan Kantor Desa dan Rabat Beton, kata Helfandi lagi, alokasi dana PNPM Tahun 2014 ini juga dimanfaatkan untuk pembangunan turap beton dan pintu klip, namum alokasi dananya masih sangat terbatas dari yang dibutuhkan.
 
"Kegiatan PNPM tahun ini juga untuk pembangunan turap beton di Desa Telukbuntal dan pintu klip di Desa Nipah Sendanu. Karena dananya sangat terbatas, maka kita bangun dulu yang menjadi prioritas. Insya Allah pada tahun 2015 nanti alokasi dana PNPM akan ditambah menjadi Rp1,5 Miliar untuk setiap desa," beber Camat.
 
Dukungan APBD Kabupaten Kepulauan Meranti bagi kegiatan PNPM, bertujuan untuk meningkatkan percepatan pembangunan infrastruktur perdesaan. Pada tahun anggaran 2014 ini, dari APBD Kepulauan Meranti dialokasikan sebesar Rp30 Miliar, sedangkan dari APBN diperoleh sebesar Rp31 Miliar. (rep01/sas)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com