Halal Bihalal di Batam

Bupati Imbau Warga Jaga Kekompakan

Dibaca: 863 kali  Selasa,26 Agustus 2014 | 11:27:00 WIB

Bupati Imbau Warga Jaga Kekompakan
Ket Foto :

BATAM - Ratusan warga Batam asal Kabupaten Kepulauan Meranti memenuhi ballroom Hotel Novotel Batam untuk menghadiri silaturrahmi dan halal bihalal bersama Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan Nasir MSi dan jajarannya, Senin (25/8) malam. Mereka diminta tetap menjaga kekompakan dan terus mendukung pembangunan di Kota Batam.
 
"Saya harapkan kita tetap menjaga kekompakan karena hanya dengan kekompakan kita memiliki kekuatan untuk maju. Saya kira warga Batam asal Meranti yang pada dasarnya telah menjadi warga Batam teruslah mendukung pembangunan kota ini karena Batam adalah kampung kita juga," tegas Irwan.
 
Terlebih kata Irwan, Batam memainkan peran penting dalam sejarah pemekaran Kepulauan Meranti. Hanya warga Meranti di Batam yang berani menggunakan nama Meranti dalam perhimpunannya yakni Ikatan Keluarga Besar (IKB) Masyarakat Meranti Kota Batam. Keteguhan tekat masyarakat Meranti di Batam yang ingin kampung halamannya dimekarkan akhirnya diikuti di daerah-daerah lainnya termasuk di Pekanbaru, Tanjungbalai Karimun dan Bengkalis.
 
"Masyarakat Meranti di Batam ini juga memiliki tanggungjawab besar membantu pembangunan daerah selain membangun Batam. Berilah bantuan pemikiran dan teruslah bantu kami mempromosikan daerah ini baik kepada wisatawan maupun calon investor," tambah Bupati.
 
Dia juga kembali menyingkap sejarah bagaimana dulunya mayoritas warga Meranti harus merantau ke Batam untuk mencari kerja. Namun dengan berkembangnya Kepulauan Meranti menjadi sebuah kabupaten, jumlah warga Meranti yang bermigrasi ke Batam bisa dikurangi.
 
"Meranti dan Batam ini bagaikan kakak adik karena kita masih satu gugusan pulau. Kalau Meranti tidak berkembang otomatis warganya akan mencari penghidupan lebih baik ke Batam. Namun alhamdulillah dengan mulai berkembangnya Meranti jumlah warga yang mencari kerja di Batam berkurang karena di Meranti juga terbuka lapangan pekerjaan. Bahkan beberapa warga kita yang dulunya bekerja di Batam akhirnya pulang kampung karena tersedia pekerjaan yang lebih baik," paparnya.
 
Halal bihalal ini juga dihadiri sejumlah pejabat Pemko Batam diantara Staf Ahli Sadri Khairudin, Kepala Dinas Infokom M Salim, Anggota DPRD Kepri Maaz Ismail. Hadir pula Wakil Bupati Kepulauan Meranti Masrul Kasmy.
 
M Salim yang mewakili Wali Kota Batam meminta peran aktif warga Meranti membangun Batam. "Saya kira secara kultur Meranti dan Batam itu sama. Kita ini ibarat saudara satu keluarga. Bahkan Bupati dan Wakil Bupatinya senior saya waktu kuliah dulu. Jadi membangun Batam ini sudah menjadi tanggungjawab warga Meranti juga karena ini sama-sama kampung kita," tegas Salim.
 
Sedangkan Ketua Harian IKB Meranti Batam Ny. Susi menegaskan warga Meranti di Batam mendukung sepenuhnya program pembangunan yang dilakukan Bupati. Terlebih dalam beberapa tahun ini Kepulauan Meranti semakin dikenal luas sebagai tujuan investasi terbaik di Riau dan mulai berkembang pesat dari segi pembangunan infrastruktur.
 
"Saya kira secara jujur dan sehat kita harus mendukung pembangunan yang dilakukan Pak Bupati. Kita bisa lihat pembangunan daerah kita berkembang pesat dan semakin dikenal sebagai daerah potensial meskipun daerah kita belum lama dimekarkan," tegas dia.
 
Sementara Maaz Ismail kembali mengulang kiprah Bupati Irwan sat masih bertugas di Batam sebagai PNS di Pemko Batam. Menurutnya Irwan adalah pelopor PNS muda di Batam dengan membentuk Forum Cedikiawan Muda Batam (FCMB). 
 
"Sebelum menjadi Bupati di Meranti, Irwan adalah pejabat paling potensial di Batam. Dia memimpin FCMB yang menjadi motor Kalangan intelektual muda di Batam. Saya kira masyarakat Meranti akan sama dengan pemimpinnya untuk terus berkarya bagi Batam dan bagi Meranti juga," kata mantan Ketua Kekerabatan Keluarga Besar Melayu (KKBM) Kota Batam tersebut.(rilis)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com