Lewat Kegiatan PNPM-MPd

Pembangunan Tiga Balai Desa Jadi Percontohan

Dibaca: 1468 kali  Jumat,12 September 2014 | 02:15:00 WIB

Pembangunan Tiga Balai Desa Jadi Percontohan
Ket Foto :

SELATPANJANG - Dalam rangka melengkapi sarana dan prasarana gedung pemerintah, Pemkab Kepulauan Meranti telah merekomendasikan peran pihak PNPM-MPd di setiap Kecamatan dalam pelaksanaan pembangunan fasilitas gedung tersebut, sesuai Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM-MPd.
 
Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi, usai monitoring pembangunan Gedung Balai Desa di Desa Batin Suir, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kamis (11/9/2014), mengatakan sistem yang dimiliki PNPM-MPd diakui oleh Pemerintah Daerah dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di daerah ini.
 
"Khusus di Kecamatan Tebingtinggi Timur, karena ada tiga Desa baru yang dimekarkan, maka melalui MAD PNPM-MPd disepakati prioritas untuk pembangunan Balai Desa yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk Kantor Kepala Desa dan perangkatnya," ungkap Camat Helfandi.
 
Dicontohkannya, pembangunan Balai Desa di Desa Batin Suir diharapkan dapat menjadi percontohan pembangunan sarana dan prasarana dari kegiatan PNPM-MPd di Kecamatan Tebingtinggi Timur, terutama untuk desa yang baru berdiri dan belum ada Kantor yang layak guna melayani masyarakat.
 
"Di Kecamatan Tebingtinggi Timur ada tiga Balai Desa yang dibangun melalui kegiatan PNPM-MPd, yaitu di Desa Sendanu Daarul Ihsan, SungaitohOr Barat dan di Batin Suir ini. Dananya hampir Rp500 juta. Karena ini sistem PNPM-MPd, maka tidak pakai pajak sesuai PTO-nya. Sehingga dana tersebut juga bisa sekaligus untuk pengadaan meubiler," jelasnya. (rep01/sas)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com