Amien Rais: 10 Tahun di Tangan yang Keliru, Bangsa Ini Akan Hancur

Dibaca: 770 kali  Kamis,18 September 2014 | 12:16:00 WIB

Amien Rais: 10 Tahun di Tangan yang Keliru, Bangsa Ini Akan Hancur
Ket Foto :

JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional Amien Rais mengingatkan koalisi Merah Putih untuk menjadi penyeimbang yang mengawasi pemerintahan mendatang. Jika tidak diawasi dengan baik, menurut dia, bangsa ini akan mundur ke belakang.
 
"Sepuluh tahun di tangan yang keliru, bangsa ini akan hancur," kata Amien dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (18/9/2014) malam.
 
Padahal, menurut dia, para tokoh kemerdekaan hingga pemimpin-pemimpin setelahnya sudah susah payah membangun bangsa ini. Jika sudah hancur, kata dia, maka bangsa Indonesia akan sulit untuk bangkit kembali.
 
"Contoh gedung ini kalau dihancurkan satu menit sudah rata dengan tanah. Kalau membangun kembali itu butuh bertahun-tahun. Kalau bangsa ini hancur, sepuluh tahun mendatang, untuk bangkit kembali saya kira beyond imagination," ujar mantan Ketua MPR itu.
 
Oleh karena itu, lanjut Amien, peran koalisi Merah Putih sebagai penyeimbang yang mengawasi jalannya pemerintahan sangat diperlukan. Ia meminta Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PPP tetap solid di luar pemerintahan mendatang.
 
"Kita diberitahu rumus sederhana. Power tends to corrupt, Absolute power corrupt absolutely. Kekuasaan cenderung korup dan kekuasaan yang mutlak, korupsinya cenderung mutlak juga. Korupsi cenderung terjadi di pusat kekuasaan. Episentrum korupsi di pusat kekuasaan. Ini rumus umumnya," pungkas Amien. (rep01/kompas)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com