Buka Sosialisasi

Camat 3T Genjot PAD Sektor PBB-P2

Dibaca: 883 kali  Jumat,10 Oktober 2014 | 03:32:00 WIB

Camat 3T Genjot PAD Sektor PBB-P2
Ket Foto :

SELATPANJANG - Camat Tebingtinggi Timur (3T), Helfandi, membuka sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Sungaitohor, Kamis (9/10/2014). Ia optimis melalui peran aparatur desa target PBB-P2 tahun ini akan meningkat.
 
"Belum terpenuhinya target PAD sektor PBB-P2 disebabkan karena belum validnya data para wajib pajak, namun kedepan saya optimis target PBB-P2 di Kecamatan Tebingtinggi Timur dapat terpenuhi, melalui peran aparatur desa," kata Helfandi, saat membuka Sosialisasi, di Aula Kantor Camat.
 
Ia menyarankan, pada APBD Tahun 2015 mendatang Pemkab Kepulauan Meranti bisa menganggarkan dana pendataan wajib pajak yang pengelolaannya diserahkan kepada petugas di tingkat desa. Sehingga Pemerintah Desa dan Kecamatan juga bisa menginventarisir seluruh objek pajak tersebut.
 
"Untuk meningkatkan PAD dari sektor ini perlu kerjasama semua pihak, baik Pemerintah Desa, Kecamatan dan Pemkab. Sebenarnya di Kecamatan ini sangat besar potensi PBB-nya, namun karena belum terdata maksimal maka PBB-P2 di Tebingtinggi Timur masih sangat rendah," ujarnya.
 
Menurut Helfandi, tuntutan masyarakat terhadap Pemerintah terkait porsi pembangunan sangat tinggi, namun pemerintah daerah telah memberikan porsi pembangunan yang lebih, dan tidak sebanding dengan kewajiban masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan.
 
"Pungutan PBB-P2 itu sebenarnya tidak besar, namun kesadaran kita memang masih kurang ditambah kurang validnya data yang ada. Harapan kita dengan semakin besar target PBB-P2, semakin besar pula reward yang diberikan Pemda kepada Kecamatan Tebingtinggi Timur melalui porsi pembangunan," ucapnya.
 
Dalam sosialisasi yang juga diisi dengan dialog ini, hadir narasumber dari Pemkab Kepulauan Meranti, antara lain, Kabid PBB dan BPHTB pada DPPKAD Kepulauan Meranti, Rizky Hidayat SSTP MSi didampingi Kasubdin Penilaian, Eri Yose Rizal SE dan Kasubdin Pelayanan, Sofyan. (rep01/sus)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com