Bupati : Jadikan MTQ Ajang Pembinaan Anak Daerah

Dibaca: 1539 kali  Minggu,02 November 2014 | 02:21:00 WIB

Bupati : Jadikan MTQ Ajang Pembinaan Anak Daerah
Ket Foto : Drs H Irwan MSi

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, mengatakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan salah satu ajang bagi pembinaan prestasi anak daerah. Untuk itu ia menegaskan, masing-masing Kecamatan tidak dibenarkan mengutus peserta yang bukan penduduk setempat.

Penegasan itu disampaikan Bupati saat membuka MTQ Ke-VI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti di Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, Kamis (30/10/2014) malam lalu. Menurutnya, ajang MTQ harus menjadi salah satu kesempatan untuk mengasah kemampuan dan pengalaman para peserta.

"Tidak ada gunanya meraih kemenangan kalau itu dihasilkan dari mengutus peserta dari daerah lain. MTQ ini bukan ajang cari nama, namun jadikanlah sebagai kesempatan kita dalam mengasah kemampuan dan pengalaman peserta yang berasal dari daerah kita sendiri," ingatnya.

Melalui kegiatan MTQ tingkat Kabupaten ini, kata Bupati, daerah ini harus mampu menggali potensi qari dan qoriah dari daerah sendiri, sehingga nantinya peserta terbaik itu betul-betul mampu mengharumkan nama daerah dan membina generasi selanjutnya di Kepulauan Meranti.

"Hal ini juga merupakan upaya pembinaan kita kepada anak daerah, sehingga kedepannya tidak hanya prestasi dan nama baik yang diperoleh hingga ke tingkat yang lebih tinggi, namun juga dapat diamalkan serta dikembangkan kepada generasi selanjutnya," kata Bupati Irwan.

Ia mengharapkan, kedepannya Kepulauan Meranti bisa menjadi lumbung qari-qariah. Sebab, selain mendapat penilaian dari dewan juri yang sudah terlatih, qari-qariah asal Kepulauan Meranti juga sudah banyak yang mewakili Provinsi Riau untuk iven yang sama di tingkat Nasional.

Kepala Bidang Penamas Kantor Wilayah Kemmenterian Agama Provinsi Riau, Drs H Irhas, mengakui bahwa Kabupaten Kepulauan Meranti salah satu Kabupaten terbaik dalam menghasilkan qari dan qoriah. Dimana beberapa kali qari dan qoriah asal Kepulauan Meranti berhasil menjadi juara nasional mewakili Provinsi Riau dalam MTQ tingkat Nasional.

"Semenjak dimekarkan dari Kabupaten induk Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil mengungguli Kabupaten Induknya seperti pada MTQ tingkat Provinsi Riau di Rokan Hulu lalu," ungkapnya.

Juga hadir pada acara Pembukaan MTQ itu, Wakil Bupati, Drs H Masrul Kasmy MSi, Sekda, Drs H Iqaruddin MSi, Kapolres, AKBP Zahwani Pandra ARsyad SH MSi, Pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti. Hadir juga seluruh Camat dan sejumlah Kepala Desa se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Kepulauan Meranti, Rosdaner SPd, mengatakan, MTQ tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti ini diikuti oleh Qari dan Qoriah dari 9 Kecamatan yang ada di daerah ini. Jumlah peserta yang mengikuti yakni sebanyak 239 orang.

"Digelar juga stand bazar sebanyak 40 tempat yang diisi oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Sedangkan untuk hiburan, panitia penyelenggara mendatangkan penyanyi religi Indonesia, Opick," ujarnya. (rep01/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com