Bangsa Besar Karena Menghargai Jasa Pahlawan

Dibaca: 858 kali  Selasa,11 November 2014 | 08:56:00 WIB

Bangsa Besar Karena Menghargai Jasa Pahlawan
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi

SELATPANJANG - Ratusan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Senin (10/11) kemarin, menghadiri apel peringatan Hari Pahlawan yang dipimpin langsung oleh Bupati Drs Irwan MSi, dengan penuh khidmat.

"Tanggal 10 November 2014 kita dapat memperingati Hari Pahlawan, sebagai salah satu bentuk pengharagaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan atau pejuang kemerdekaan. Karena menurut the founding father kita bahwa Hanya Bangsa yang mengharagai jasa pahlawannnya, dapat menjadi bangsa yang besar," ucap Irwan.

Dilanjutkan Bupati, pertempuran 10 November di Surabaya adalah perjuangan heroik, suatu perjuangan yang memerlukan pengorbanan luar biasa dari para pendahulu Negara, baik jiwa, raga maupun harta. Dalam pertempuran tersebut, seluruh komponen bangsa bersatu padu mengusir penjajah yang berusaha menancapkan kembali kekuasaannya di bumi Indonesia.

"Semangat dan nilai kepahlawanan yang ditunjukkan dalam pertempuran 10 november tersebut, hendaknya dihayati dan menjadi inspirasi untuk mengisi kemerdekaan. Peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 yang mengambil tema Semangat Kepahlawanan untuk Indonesia Sejahtera, menjadi momentum Bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat sejahtera sebagaimana yang dicita-citakan para pendahulu Negara," ucap Bupati.

Berbagai permasalahan yang bangsa ini hadapi, imbuhnya, mulai dari kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, korban bencana, hingga tawuran antar warga atau pelajar yang menimbulkan korban jiwa, yang terjadi akhir-akhir ini sangat memprihatinkan dan memerlukan perhatian serta keseriusan bersama untuk mencari solusi guna mengatasi berbagai masalah sosial tersebut.

"Semangat kepahlawanan seperti cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, suka menolong dan sebagainya menjadi sumber motivasi dan modal sosial untuk mengatasi berbagai masalah sosial tersebut dan sekaligus memacu guna mewujudkan keinginan dan harapan kita bersama," demikian yang diucapkan Bupati sebelum mengakhiri pidatonya.

Usai menggelar apel, Bupati yang didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Tenagakerja dan Transmigrasi, Drs Said Asmarudin MM, dan beberapa Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, melaksanakan acara tabur bunga di makam pahlawan, jalan perjuangan, Desa Alahair.

Dinsosnakertrans sebagai leading sector acara peringatan Hari Pahlawan di lingkungan Kabupaten Kepulauan Meranti, mengharapkan Peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun ini  menjadi relevan mengingatkan kembali bangsa dan masyarakat, agar kembali pada cita-cita para pejuang menuju Indonesia merdeka.

"Dari peringatan inilah kita menghimbau kepada Pemuda sebagai harapan masa depan bangsa diharapkan punya karakter yang kuat dan siap menerima estafet kepemimpinan masa depan, untuk mewujudkan bangsa yang gilang gemilang, menjadi pahlawan masa kini yaitu manusia yang mampu berkontribusi bagi pembangunan demi kemaslahatan umat sesuai dengan kapasitasnya masing-masing," tutur Said. (rep01/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com