*300 Pasutri Urus Buku Nikah Gratis

Pemda Meranti Gelar Itsbat Nikah Terpadu

Dibaca: 953 kali  Senin,01 Desember 2014 | 05:01:00 WIB

Pemda Meranti Gelar Itsbat Nikah Terpadu
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, secara simbolis menyerahkan Buku Nikah kepada peserta Itsbat Nikah Gratis, Senin (1-12)

SUNGAI TOHOR - Menciptakan tertib hukum khususnya Legalitas pernikahan kepada masyarakat Kepulauan Meranti. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Itsbat Nikah Terpadu bagi 300 pasangan suami isteri (Pasutri). Acara dipusatkan di Kantor Camat Tebingtinggi Timur, Desa Sungaitohor, Senin (1/12).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, Kepala Kemenag, Kepala Pengadilan Agama, Asisten III Setdakab Meranti, Kepala Dinas, Kabag Hukum Sudandri, tokoh masyarakat dan puluhan warga Tebingtinggi Timur.

Bupati Kepulauan Meranti memberikan apresiasi terhadap program yang ditaja oleh Bagian Hukum dalam rangka memberikan ketertiban hukum kepada masyarakat Kepulauan Meranti. Tercatat sebanyak 2700 KK di Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah menikah secara islam belum mendapat kepastian hukum.

"Melalui kegiatan ini Kami ingin memberikan kepastian hukum dan ketenangan kepada masyarakat," ujar Bupati.

Akibat dari tidak adanya Legalitas dan kepastian hukum menyebabkan masyarakat kesulitan untuk mengurus administrasi pemerintahan, baik orang tua maupun anak-anak. Seperti pengurusan Kartu Keluarga dan lainnya.

Oleh karena itu Pemkab Kepulauan Meranti terus berupaya untuk membantu masyarakat dan yang paling penting dilaksanakan secara gratis mulai dari pengurusan surat nikah, ketetapan pengadilan serta dokumen lainnya.

Kegiatan itu akan terus berkelanjutan sampai seluruh masyarakat yang belum memperoleh legalitas pernikahan mendapat kepastian hukum. "Kegiatan ini akan dilanjutkan di 7 Kecamatan lainnya, semoga semua masyarakat mendapat jaminan hukum pasti dari pemerintah," ucap Bupati.

Kepala Bagian Hukum Setdakab Meranti, Sudandri menjelaskan, banyak manfaat dari Itsbat Nikah yang dilaksanakan tersebut. Dimana pelaksanaan dapat dilakukan dengan hakim tunggal, berkekuatan hukum tetap saat itu juga, memperoleh buku dan dokumen nikah gratis yang diterbitkan di tempat domisili dan sidang dapat digelar dimana saja.

"Kegiatan ini dapat menyingkat waktu dan menekan biaya, juga dalam rangka membantu masyarakat menekan biaya pengurusan yang biasanya bisa mencapai 5 juta rupiah," kata Sudandri.

Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi, mengaku program itu sangat membantu masyarakat sehingga baik orang tua maupun anak yang bersangkutan tidak bermasalah dan mengalami kesulitan dalam mengurus administrasi kependudukan dan dokumen penting lainnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan serah terima 5 unit sepeda motor untuk operasional pegawai di Kecamatan Tebingtinggi Timur dari Bupati Kepulauan Meranti kepada Camat Tebingtinggi Timur. "Kendaraan ini dapat digunakan untuk operasional dokter dan bidan yang bertugas disini," ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati, untuk merealisasikan komitmen Pemda Kepulauan Meranti dalam pemerataan dan percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok daerah, di tahun 2015 mendatang Pemda telah menganggarkan dana Rp16.5 Miliar rupiah dan 1.5 Miliar untuk pembangunan di desa.

"Dengan bantuan ini kami berharap semangat masyarakat membangun daerah juga terpacu," harap Bupati mengakhiri. (hms/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com