*Lomba Sampan Campang

Panitia Siapkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Dibaca: 905 kali  Senin,15 Desember 2014 | 05:02:00 WIB

Panitia Siapkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah
Ket Foto : Lomba Sampan Campang di Desa Alai, bulan Agustus 2014 lalu

SELATPANJANG - Panitia lomba Sampan Campang di Pelabuhan Desa Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, telah menyiapkan total hadiah uang tunai puluhan juta rupiah. Lomba itu dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-6 Tahun 2014.

Wakil Ketua Panitia Lomba Sampan Campang, yang juga Kepala Desa Alai, Ruslan, kepada wartawan di Selatpanjang, Senin (15/12), mengatakan saat ini sudah tercatat 20 Tim yang akan mengikuti even lomba tahunan tersebut.

“Kegiatan lomba ini berkat kerjasama Disparpora, KONI dan Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kepulauan Meranti. Sudah ada 20 Tim yang akan ikut ambil bagian, yang nantinya akan memperebutkan total hadiah uang tunai puluhan juta rupiah,” ungkapnya.

Menurut rencana, lanjut Ruslan, kegiatan lomba itu akan digelar pada hari Kamis tanggal 18 Desember nanti, dimana pada tanggal itu diprediksi kondisi cuaca pasang surut air laut relatif tenang.dan tidak membahayakan para peserta.

“Kegiatan lomba ini mendapat dukungan Bupati untuk menjadi even tahunan di Pelabuhan Desa Alai. Sebelumnya 14 Desa juga memberikan dukungan agar kegiatan lomba ini menjadi ikon kegiatan pariwisata di Kecamatan Tebingtinggi Barat,” ujarnya.

Dijelaskan Ruslan, istilah Sampan Campang dikenal karena peserta memacu sampannya dengan menggunakan alat bernama campang (bukan seperti alat dayung dua sisi, red). Setiap satu sampan terdiri dari 12 orang penyampang, dibantu 1 orang tekong dan 1 orang penabuh gendang.

“Kita mengharapkan kegiatan lomba ini selain menjadi salah satu kegiatan wisata daerah, juga dapat menjadi kesempatan dalam mencari bibit atlet dayung PODSI Kabupaten Kepulauan Meranti,” harapnya. (rep01/sus)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com