*Iklim Investasi Kondusif

Meranti Juara Riau Investment Award 2014

Dibaca: 1705 kali  Kamis,18 Desember 2014 | 06:19:00 WIB

Meranti Juara Riau Investment Award 2014
Ket Foto : Sekdaprov Riau, Zaini Ismail, saat menyerahkan piala Riau Investment Award 2014 kepada Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi

PEKANBARU - Berkat kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan investor serta aparat penegak hukum dalam mencibtakan iklim investasi yang kondusif bagi pengusaha lokal dan non lokal di Kabupaten Kepulauan Meranti, Pemerintah Provinsi Riau memberikan anugerah Riau Investment Award Terbaik I kepada Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi. Penghargaan langsung diberikan oleh Sekdprov Riau H Zaini Ismail, bertempat di Gedung Daerah, jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (17/12) malam.

Turut Hadir dalam acara penganugerahan tersebut, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Riau, Mantan Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit, Forkompinda Riau, Direktur Wilayah Regional I Bidang Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM RI, Herlina, Kepala Badan Penanaman Modal Provinsi Riau, Drs Irhas Irfan, Ketua Kadin Riau, Para Pengusaha, Pengurus Asosiasi dan lainnya.

Seperti dijelaskan Kepala Badan Penanaman Modal Provinsi Riau, Irhas Irfan, pemberian anugrah Riau Investment Award kepada Kabupaten Kepulauan Meranti bersifat Independen dari hasil penilaian tim yang terdiri dari Tim pendukung dari Badan Penanaman Modal Provinsi Riau, Penegak Hukum, Biro Hukum Setdaprov Riau, Kamar Dagang dan Industri, serta Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Riau. Tim ini langsung melakukan penilaian di 12 Kabupaten/Kota, dengan mempertimbangkan berbagai aspek yakni aspek kelembagaan, peraturan dan kebijakan daerah, infrastuktur investasi, kepastian dan penegakan hukum, promosi dan fasilitasi serta nilai investasi. Dengan melakukan kunjungan lapangan, wawancara dan diskusi dengan masyarakat dan dunia usaha.

"Ini merupakan hasil dari proses panjang dalam rangka penganugerahan penghargaan kepada Kabupaten Kota yang mampu mencibtakan iklim investasi yang kondusif dan berhasil mendongkrak investasi di daerah," ujar Irhas.

Dari hasil penilaian Tim Independen, Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil menyabet 2 Penghargaan sekaligus, yakni Kategori Fasilitasi Investasi dan Kategori Keamanan Penegakan Hukum.

Khusus untuk pengharagaan Kategori Keamanan dan Penegakan Hukum merupakan penghargaan khusus yang diserahkan kepada Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, yang berhasil mengawal Kamtibmas di negeri sagu tersebut.

"Kami melihat program dan koordinasi aparat Kepolisian sangat baik dengan Pemda," ujar Ketua Tim penilai, Viator Butar-Butar, dimana Polres Kepulauan Meranti selalu melakukan Patroli Dialogis dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas dibawah Komando Kapolres.

Dua penghargaan ini mengantarkan Kabupaten Kepulauan Meranti meraih poin tertinggi 87.78 dan berhak menyandang predikat terbaik I Riau Investment Award Tahun 2014, menyingkirkan Kota Pekanbaru di peringkat II dan Kabupaten Siak di peringkat III.

Sekdaprov Riau, H Zaini Ismail, mewakili Plt Gubernur, Arsyadjuliandi Rachman, mengucapkan apresiasi atas prestasi yang diraih Kabupaten Kepulauan Meranti yang berhasil mendongkrak dan menciptakan iklim investasi yang kondusif di Riau, ia berharap hal itu dapat dipertahankan karena hanya dengan kerjasama dari seluruh Kabupaten Kota, investasi di Riau akan akan meningkat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang merupakan target dari pembangunan.

Menyikapi hal itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi, didampingi Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kepulauan Meranti, Hendra Putra SIp MSi, mengatakan menciptakan iklim investasi yang kondusif di Kabupaten baru dengan kondisi serba keterbatasan bukan hal yang mudah. Untuk itu Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak khususnya aparat keamanan dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Ini berkat peran dan partisipasi aktif semua pihak yang berhasil menciptakan iklim investasi yang kondusif di Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Bupati Irwan.

Bupati juga mengapresiasi Badan Penanaman Modal, Investasi dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan inovasinya yang sedemikian rupa mampu memberikan sesuatu yang menarik bagi investor lokal maupun non lokal untuk berinvestasi di Kabupaten termuda di Riau ini, serta membawa Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai daerah potensi investasi baru di Riau dan Indonesia.

"Kami komit membantu para investor yang ingin berinvestasi dengan Pemberikan izin cepat, sederhana, murah dan transparan," jelas Bupati.

Tak main-main Bupati bahkan berjanji menjamin keamanan dan siap membackup setiap orang yang berinvestasi. "Sekali memberikan izin apapun masalah yang dihadapi investor akan kami backup dan bantu," tegas Bupati sambil mengucap Investasi di Kepulauan Meranti pasti untung.

Meski sudah meraih penghargaan investasi tertinggi di Riau, Kabupaten Kepulauan Meranti akan terus mengkaji titik kelemahan untuk segera diperbaiki, diharapkan kedepan Kabupaten ini dapat menjadi daerah tujuan investasi terbaik di Indonesia.

Adapun peluang investasi yang ditawarkan berupa Potensi Perkebunan, Pertambangan, Perdagangan, Hotel, Listrik dan hiburan. Selain itu pembangunan infrastruktur transportasi, mendorong pembangunan salah satunya Bandara di Kepulauan Meranti.

"Kita sudah masuk pada tahap desain dan tahun 2015 masuk pembebasan lahan, 5 tahun lagi pesawat terbang mendarat di Kepulauan Meranti," harap Bupati.

Ditambahkan Hendra Putra, dalam rangka menarik investor pihaknya komit memberikan pelayanan prima, mulai dari menyediakan mobil pelayanan keliling, sistem pelayanan perizinan terpadu satu pintu dengan IT. Dan yang terpenting dirinya dan semua staf memiliki komitmen melayani dengan sepenuh hati.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mengurus izin usahanya," ucap Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Kepulauan Meranti ini.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Z Pandra Arsyad SH MSi, turut memberikan jaminan keamanan, pihaknya terus melakukan inovasi untuk menjamin Kamtibmas di Kabupaten Kepulauan Meranti, agar tercipta keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat untuk berinvestasi.

"Terobosan yang kami lakukan dengan cara patroli dialogis untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat tentang kondisi keamanan di Kabuoaten Kepulauan Meranti, dan anugerah ini akan terus kita pertahankan," ucapnya. (hms/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com