Pos Merbau Dukung Program Ketahanan Pangan

Dibaca: 1189 kali  Kamis,18 Desember 2014 | 06:26:00 WIB

Pos Merbau Dukung Program Ketahanan Pangan
Ket Foto : GM EMP, Bagus C Kartika, saat meresmikan rumah produksi pangan olahan sagu Samerasa di Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti

MERBAU - Pokja Pangan Olahan Sagu Merbau (Pos Merbau) adalah kelompok kerja kolaboratif yang mengawal perencanaan program pengembangan pangan olahan sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti. EMP Malacca Strait SA (EMP MSSA) merupakan inisiator dan pendamping terbentuknya pokja pangan olahan sagu tersebut.

Salah satu upaya Pokja Pangan Olahan Sagu bersama EMP MSSA adalah membangun rumah produksi pangan olahan sagu di Kecamatan Merbau. Rumah produksi tersebut berfungsi sebagai pusat pengembangan produk usaha kecil menengah (UKM) binaan Pokja Merbau.

Keberadaan rumah produksi ini berdampak pada meningkatnya semangat bisnis pelaku usaha pangan olahan sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti. Yang didukung oleh kebijakan Pemda yang menjadikan sagu sebagai salah satu unggulan pangan lokal Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pengembangan industri pangan olahan sagu ini, satu di antaranya ditandai dengan peresmian rumah produksi pangan olahan sagu "Samerasa" di Kelurahan Telukbelitung, Kecamatan Merbau, pada Rabu (17/12). Peresmian ini, satu di antaranya didukung oleh program Corporate Social Responsibility (CSR) EMP Malacca Strait SA (EMP MSSA).

General Manager (GM) EMP MSSA, Bagus C Kartika, mengatakan kehadiran perusahaan migas harus memberikan manfaat bagi masyarakat. Satu di antaranya melalui dukungan terhadap upaya pengembangan sagu sebagai potensi ekonomi lokal.

"Dengan adanya rumah produksi ini, diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat secara mandiri," ujarnya.

Kepala Departemen Komunikasi EMP, Dahrul Hidayat, mengatakan peresmian rumah produksi pangan olahan sagu "Samerasa" ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat bisnis masyarakat. Selain itu, rumah produksi ini juga berperan menjaga stabilitas kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan.

Selain GM EMP MSSA, hadir dalam peresmian tersebut antara lain Camat Merbau, Wan Abdul Malik, Kapolsek Merbau, AKP Syahrudin Tanjung, dan sejumlah Upika Merbau lainnya.

Dahrul menambahkan, saat ini pangan olahan sagu yang telah dihasilkan oleh rumah produksi "Samerasa" antara lain berjenis kue kering, brownies sagu, cendol sagu, kue suling dan mie sagu. Produk-produk tersebut kini sudah mulai dikenal berkat kerjasama yang baik dengan Dekranasda Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kita berharap, semoga pangan olahan sagu mampu menjadi produk unggulan dari Kabupaten Kepulauan Meranti, yang setidaknya bisa memperkuat ketahanan pangan di wilayah setempat," katanya. (emp/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com