Komda Zoonosis Pantau Hewan Liar

Dibaca: 1219 kali  Selasa,23 Desember 2014 | 08:30:00 WIB

Komda Zoonosis Pantau Hewan Liar
Ket Foto : Ilustrasi

SELATPANJANG - Komisi Daerah (Komda) Pengendalian Penyakit Hewan Liar atau Zoonosis di Kabupaten Kepulauan Meranti, terus melakukan pemantauan terhadap lalu lintas masuknya hewan liar penular rabies ke Kabupaten Kepulauan Meranti.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian, Peternakan dn Ketahanan Pangan (DPPKP) Kepulauan Meranti, dr Sri, dalam rapat koordinasi penanggulangan penyakit hewan liar di Selatpanjang, Selasa (23/12).

Menurutnya, pencegahan dini atas penyakit yang ditularkan dari hewan liar di Kabupaten Kepulauan Meranti perlu dilakukan sejak dini. Pencegahan dilakukan dimulai dari lalu lintas masuknya hewan liar itu dari daerah lain.

"Hingga saat ini Kepulauan Meranti tergolong paling aman Rabies dari 11 Kabupaten/Kota di Riau lainnya. Karena kita setiap bulannya selalu melakukan pantauan ke lapangan. Kalau ada indikasi, kita segera siapkan tim untuk menangani," ujar dr Sri.

Untuk mengawasi hal itu, kata Sri, pihaknya sudah membentuk Tim Eliminasi Hewan Liar, sehingga daerah Kepulauan Meranti aman dari Rabies.

"Kita sudah membentuk Tim Komda untuk menangani kasus Zoonosis di Kepulauan Meranti, yang melibatkan semua pihak, agar dapat mencegah dan mengendalikan binatang liar yang meresahkan," ungkap Sri. (rep01/sus)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com