Mantap, Sebentar Lagi Pekanbaru Punya RSUD Ramah Lingkungan

Dibaca: 1025 kali  Jumat,09 Januari 2015 | 05:28:00 WIB

 Mantap, Sebentar Lagi Pekanbaru Punya RSUD Ramah Lingkungan
Ket Foto :

Pekanbaru-Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, tahun 2016 segera memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) berkonsep ramah lingkungan, guna mengubah pola pikir masyarakat datang ke rumah sakit bukan untuk sakit tetapi sehat.
 
"Kosep RSUD ini akan diciptakan senyaman mungkin, seperti menginap di hotel," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Helda S Umar di Pekanbaru, Kamis.
 
 Menurut dia, ini adalah konsep pertama yang dibangun di Provinsi Riau dan membuat RSUD Tipe C ini berbeda dengan konsep layanan RS kebanyakan baik swasta maupun pemerintah.
 
"Kami akan ciptakan lingkungan yang hijau, berbunga, dan alami dipenuhi taman serta dikelilingi Ruang Terbuka Hijau (RTH)  yang sudah dipenuhi pepohonan rimbun," paparnya.
 
Ia mengatakan pembangunan RSUD di Jalan Garuda Sakti, Pekanbaru, sengaja ditata di atas lahan yang dekat dengan RTH. Selain memang itu milik pemkot, bangunan dengan luasan 2.000 meter persegi ini hanya di ciptakan tiga lantai, tetapi luasan seluruh kawasan mencakup taman sekitar 3,5 hektare.
 
"Kawasan RSUD ini nantinya akan menampilkan bentuk yang tidak sama seperti kami mengunjungi tempat berobat," paparnya. (KR-NTY)
 
Karena memang sedari awal konsepnya adalah RS yang ramah lingkungan. Ini diberikan untuk memanjakan pasien yang memang khusus datang dari kalangan menengah ke bawah. Akan diciptakan juga RS yang bebas asap rokok baik dalam maupun luar.
 
"Karena prioritas pengguna RSUD Tipe C ini adalah pemegang kartu Jamkesmas dan Jamkesda," kata dia.
 
Meski demikian, kata dia, pemkot tetap menyediakan ruangan kelas dua dan PIV, tetapi terbanyak untuk kelas tiga.
 
 "Akan tersedia sekitar 100 kamar bagi kelas tiga nantinya," kata dia.
 
Hal lain yang membedakan RSUD ini dari kebanyakan, pihak pemkot akan membuka kinik pengobatan tradisional. Tujuannya tetap bisa melayani pasien yang ingin memadukan pengobatan modern dan sistem herbal.
 
"Akan ada apotek dan pengobatan herbal, akupuntur, dan pengobatan tradisional lainnya," paparnya.
Dia menargetkan pertengahan tahun 2016 RSUD ramah lingkungan sudah bisa beroperasi. (rep05/ant)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com