*Bahas 9 Ranperda

DPRD Meranti Bentuk 3 Panitia Khusus

Dibaca: 923 kali  Jumat,16 Januari 2015 | 08:59:00 WIB

DPRD Meranti Bentuk 3 Panitia Khusus
Ket Foto : Sekretaris DPRD Kepulauan Meranti, Drs H Nuriman Khair MH

SELATPANJANG - Untuk membahas 9 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), DPRD Kepulauan Meranti telah menyepakati pembentukan 3 Panitia Khusus (Pansus). Susunan nama keanggotaan Pansus sama dengan nama pada 3 Komisi yang ada di DPRD Kepulauan Meranti, dimana Komisi A menjadi Pansus A, Komisi B menjadi Pansus B dan Komisi C menjadi Pansus C.

Sekretaris DPRD Kepulauan Meranti, Drs H Nuriman Khair MH, menerangkan bahwa berdasarkan Keputusan DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Nomor 01/kpts-DPRD/2015 tanggal 16 Januari 2015 tentang Susunan Keanggotaan Panitia Khusus A, B dan C, masing-masing Pansus mendapat jatah pembahasan 3 Ranperda.

“Ini untuk kelancaran, ketertiban dan terlaksananya dengan baik pembahasan 9 Ranperda yang sudah diajukan tahap pembahasannya oleh Pemkab Kepulauan Meranti dan oleh Hak Inisiatif DPRD, maka perlu dibentuk Panitia Khusus yang ditetapkan oleh Ketua DPRD berdasarkan kesepakatan bersama anggota Dewan,” ungkapnya, Jumat (16/1).

Adapun membagian tugas Panitia Khusus terhadap pembahasan 9 Ranperda itu, rinci Nuriman, yakni Pansus A akan membahas Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 11 Tahun 2012 tentang Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan, Ranperda tentang Retribusi Perpanjangan Izin Memperkerjakan Tenaga Asing dan Ranperda tentang Urusan Pemerintah Yang Menjadi Wewenang Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Pansus A ini diketuai oleh Edi Masyhudi SPdi dan Wakil Ketua Marhisyam SKom, dimana seluruh keanggotaan Pansus A berasal dari Komisi A DPRD Kepulauan Meranti,” ujarnya.

Kemudian Pansus B yang diketuai Asmawi dan Wakil Ketua Taufiek, nantinya akan membahas Ranperda tentang Pembentukan Kantor Layanan Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten Kepulauan Meranti, Ranperda tentang Perubahan Perda Nomor 2 Tahun 2010 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti pada PT Bank Riau Kepri dan Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 5 Tahun 2010 tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah.

Terakhir, lanjut Nuriman, Pansus C yang diketuai Abdul Azis SHi dan Wakil Ketua Hafizan SAg MPd, akan membahas Ranperda tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Ranperda tentang Penataan Reklame dan Ranperda tentang Zakat.

“Jangka waktu pelaksanaan tugas Pansus adalah sejak ditetapkannya keputusan ini sampai nanti dilaporkannya hasil pekerjaan Pansus secara tertulis kepada Pimpinan Dewan melalui Rapat Paripurna DPRD. Dimana segala biaya akibat ditetapkan keputusan ini dibebankan kepada APBD Kabupaten Kepulauan Meranti,” jelasnya. (adv)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com