Camat 3T Buka Musrenbangdes Sungaitohor Barat

Dibaca: 780 kali  Rabu,21 Januari 2015 | 04:47:00 WIB

Camat 3T Buka Musrenbangdes Sungaitohor Barat
Ket Foto : Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi, saat menghadiri Musrenbangdes Sungaitohor Barat, Selasa (20-1)

TEBINGTINGGI TIMUR - camat Tebingtinggi Timur (3T), Helfandi SE MSi, berkesempatan membuka langsung Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Sungaitohor Barat, Selasa (20/1) kemarin. Musrenbangdes itu merupakan yang pertama di tahun 2015 se-Kecamatan Tebingtinggi Timur.

Camat Helfandi mengatakan, perencanaan pembangunan memiliki proses yang dimulai dari usulan masyarakat desa untuk selanjutnya diteruskan ke tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Pusat. Kegiatan itu mesti diikuti oleh Perangkat Desa, BPD, LPM/LKMD, PKK, para Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat lainnya.

"Ini desa yang pertama melaksanakan Musrenbangdes di Kecamatan Tebingtinggi Timur. Insya Allah 9 Desa lainnya dalam wilayah Kecamatan Tebingtinggi Timur dapat menyeleseaikan Musrenbangdes paling lambat awal Februari nanti," ujarnya.

Pada bulan Februari 2015 nanti, ungkapnya, akan dilanjutkan dengan pelaksanaan MUsrenbang tingkat Kecamatan sesuai surat edaran dan petunjuk dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Tahapan proses perencanaan ini penting kita laksanakan agar nanti dalam membangunan tidak menyalahi aturan dan mekanisme yang berlaku. Musrenbangdes ini merupakan forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan oleh pemangku kepentingan untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran di tingkat desa," ucapnya.

Kegiatan itu, jelasnya lagi, bertujuan untuk menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan yang sesuai dengan dokumen RKPDes.

"Jika kita lihat, proses yang dilaksanakan dalam Musrenbangdes ini merupakan gerbang menuju perencanaan pembangunan yang partisipatif dan mengutamakan kepentingan masyarakat dari akar rumput yang paling bawah," terangnya. (rep01/sus)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com