Ini Pesan Bupati Saat Lantik BPD di Rangsang Pesisir

Dibaca: 1330 kali  Selasa,27 Januari 2015 | 08:27:00 WIB

Ini Pesan Bupati Saat Lantik BPD di Rangsang Pesisir
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Rangsang Pesisir, Selasa (27-1)

RANGSANG PESISIR - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah salah satu unsur penting dalam Pemerintahan Desa. Tugas dan fungsinya yang mewakili aspirasi masyarakat diharapkan mampu menjalin kerjasama dan berkoordinasi yang baik dengan Kepala Desa.

pesan itu disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, saat melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kecamatan Rangsang Pesisir, yang pelaksanaannya dipusatkan di Kantor Desa Kayu Ara, Kecamatan Rangsang Pesisir, Selasa (27/1).

Sebagaimana Surat Keputusan (SK) yang sudah ditanda-tangani Bupati Kepulauan Meranti, BPD yang dilantik yakni BPD Kayu Ara, Desa Beting, Desa Kedaburapat, Desa Sonde, Desa Bungur, Desa Sokop, Tanah Merah dan Desa Tanjung Kedabu.

Pelantikan anggota BPD Se-Kecamatan Rangsang Pesisir dinilai penting oleh Bupati dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan desa di Kecamatan Rangsang Pesisir. Terlebih lagi pada tahun 2015 ini, akan dilakukan pemlihan 7 Kepala Desa (Kades).

BPD sebagai Badan yang mengelola proses pemilihan itu hendaknya dapat melaksanakan seluruh tahapan pemilihan dengan baik. Sebagaimana direncanakan, pemilihan Kades di 7 Desa Se-Rangsang Pesisir, akan dilaksanakan serentak dengan 33 Desa lainnya Se-Kabupaten Kepulauan Meranti pada bulan Maret 2015 mendatang.

"Diharapkan pemilihan dapat berjalan lancar, dan BPD dapat menindaklanjuti proses pemilihan Kepala Desa itu dengan baik, agar berjalan aman dan lancar," ujar Bupati.

Diingatkan Bupati, anggota yang terpilih harus dapat bekerjasama dengan baik dengan Kepala Desa yang terpilih, karena merupakan hasil pemilihan demokratis masyarakat.

"Jangan terjadi situasi yang tidak diinginan, karena dapat merugikan masyarakat dan menghambat pembangunan di desa. Lakukan komunikasi dan koordinasi baik dengan Kepala Desa," harap Bupati.

Sementara menyangkut pelaksanaan pemilihan Kepala Desa, Bupati meminta BPD melakukan seleksi dengan baik demi didapatnya Kades yang sangat berkompeten yang mampu membangun sistem pemerintahan desa.

"Jangan sampai muncul calon yang tidak kompeten, atau muncul karena ada kepentingan-kepentingan lain, berilah pemahaman atau pencerahan pada masyarakat," pesan Bupati Irwan.

Demi suksesnya pemilihan Kepala Desa tentunya perlu partisipasi masyarakat, Bupati meminta masyarakat memilih Kades dengan merujuk kepada kemampuannya, jangan karena faktor lain seperti karena kawan, keluarga atau hal lainnya. (rep01/sus)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com