*KPU Akan Bentuk Tim Uji Publik

Pendaftaran Balonbup 26 Februari 2015

Dibaca: 1023 kali  Selasa,27 Januari 2015 | 09:41:00 WIB

Pendaftaran Balonbup 26 Februari 2015
Ket Foto : Foto bersama Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Usai Rapat Pleno Pemilu Legislatif beberapa waktu lalu

SELATPANJANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti akan memastikan seluruh tahapan proses Pemilihan Kepala Daerah berjalan sesuai aturan berlaku. Setelah pengajuan bakal calon bupati oleh partai politik, Tim akan melakukan Uji Publik selama tiga bulan.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Meranti, Yusli SE, saat ditemui merantionline.com di ruang kerjanya Senin (26/1) kemarin. Dikatakannya, untuk pemilihan Bupati periode 2015-2020, KPU baru akan membuka pendaftaran bakal calon dari Parpol mulai tanggal 26 Februari dan berakhir pada 3 Maret 2015.

Kemudian, kata Yusli, sesuai ketentuan berlaku, terhadap semua bakal calon yang sudah diajukan Partai Politik untuk diusung, nantinya akan dilakukan proses Uji Publik yang dikoordinir oleh Tim yang dibentuk.

"Uji publik ini akan berlangsung selama 3 bulan yang akan di mulai sejak tanggal 4 Maret 2015. Untuk melaksanakannya harus dibentuk tim uji publik yang terdiri dari 2 orang dari unsur akademisi, 2 orang dari tokoh masyarakat dan 1 orang dari KPU," ungkapnya.

Materi yang akan diujikan pada tahapan uji publik para bakal calon Bupati, jelas Yusli, yakni menyangkut Visi dan Misi, pemaparan profil data integritas, program bakal calon dan kompetensi bakal calon yang diajukan Parpol tersebut.

Sebagai lembaga penyelenggara pemilu, kata Yusli, KPU Kepulauan Meranti akan menerima siapa pun yang berhak mengikuti proses pengajuan bakal calon, asalkan pengajuan tersebut sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Menurut drafnya, bakal calon harus mendapat dukungan dari Partai Politik yang memperoleh 20 persen suara masyarakat pada Pemilu 2014 lalu atau 25 persen akumulasi perolehan suara sah pada koalisi parpol di DPRD," jelasnya. (ima/sus)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com