Bupati Lantik Anggota BPD Se-Kecamatan Merbau

Dibaca: 740 kali  Kamis,29 Januari 2015 | 03:26:00 WIB

Bupati Lantik Anggota BPD Se-Kecamatan Merbau
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, saat menyerahkan sejumlah bantuan di Kecamatan Merbau, Kamis (29-1)

MERBAU - Bupati Kepulauan Meranti, H Irwan MSi melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kecamatan Merbau, pelantikan dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kamis (29/1).

Acara juga dihadiri oleh Asisten II Setdakab Kepulauan Meranti, Ir Anwar Zainal, Kadisdik, HM Arif, Kepala BLH, Irmansyah, Camat Merbau, Wan Abdul Malik, Kadisdukcapil, Jonizar, Kabag Kesra, Rosdaner serta perwakilan instansi vertikal.

Anggota BPD yang dilantik sesuai SK Bupati yakni BPD Tanjung Kulim, BPD Mekar Sari, BPD Bagan Malibur, BPD Lukit, BPD Meranti Bunting dan BPD Pelantai.

Pelantikan anggota BPD Se-Kecamatan Merbau ini dinilai penting oleh Bupati dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan Merbau.

Dikatakan Bupati, BPD sangat strategis karena turut bertanggungjawab dalam merumuskan program pembangunan desa disegala sektor kebutuhan masyarakat.

"Laksanakan amanah ini dengan baik untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat," ujar Bupati Irwan, yang juga meminta anggota BPD dapat menjadi mitra strtaegis Kepala Desa.

Menurutnya, keharmonisan antara BPD dan Kades dinilai sangat penting demi lancarnya roda pemerintahan. "Tempatkan diri sesuai porsinya dan jalin koordinasi yang baik dengan Kades," ujar Bupati yang meminta Kades juga harus merangkul BPD demi lancarnya roda pemerintahan.

Dijelaskan Bupati, saat ini Pemda telah menganggarkan dana desa sangat besar dengan total Rp144 Miliar perdesanya lewat ADD dan Pembangunan Desa sebesar 1.5 M. Agar penggunaan dana itu maksimal BPD dan Kades harus bekerjasama.

"Dana itu dapat digunakan untuk percepatan pembangunan desa, karena hasil monitoring masih banyak jalan yang kondisinya masih buruk," ucap Bupati.

Untuk proyek berskala kecil, dikatakan Bupati, akan dilimpahkan ke desa agar lebih leluasa membangun desa. "Semakin baik hubungan kerja dengan Kades tentu program yang dilaksankan semakin baik pula," harap Bupati.

Akhir kata Bupati mengucapkan terima kasih atas kerjasama seluruh masyarakat Merbau yang telah menjaga stabilitas daerah. "Semoga kehidupan terus berjalan aman dan damai dan mendapat rido allah," ujar Bupati.

Sementara terkait agenda Pemilihan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti yang kedua, direncanakan akan digelar 16 Desember 2015 mendatang. Bupati mengharapkan kepada masyarakat dan tokoh agama agar dapat menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan dan tidak mudah terprovokasi. Jangan sampai proses pemilihan Bupati menyebabkan terjadi pecah belah atau jatuh menjatuhkan diantara masyarakat.

"Siapapun yang akan maju layak diberikan porsi dan kesempatan agar masyarakat dapat memilih yang terbaik untuk memimpin Meranti kedepan. Siapapun yang didukung diharapkan dapat memimpin daerah lebih maju lagi," ujar Bupati mengakhiri.

Dalam kegiatan itu, juga digelar temu ramah antara masyarakat dan Bupati, sekaligus penyampaian aspirasi dari masyarakat menyangkut pembangunan infrastruktur desa. Adapun keluhan terbanyak yakni masalah ketersediaan jaringan listrik hingga ke pelosok desa, selanjutnya pembangunan jalan poros desa.

Menyangkut hal itu Bupati menyatakan komitmennya, khusus untuk pembangunan jalan poros di Kecamatan Merbau telah dianggarkan dana Rp14 Miliar, sementara untuk jaringan listrik Bupati akan mengirim staf untuk mempelajari dan berkoordinasi dengan PLN agar rumah-rumah masyarakat dapat teraliri listrik.

Bupati juga berkeinginan menjadikan Kecamatan Merbau swasembada padi, bukan itu saja di Merbau akan dicarikan lahan untuk membudidayakan lada dan kopi.

Sekedar informasi pada kesempatan itu Bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan untuk 9 rumah ibadah yang masing-masingnya 20 juta rupiah serta bantuan peralatan olahraga yang diterima oleh perwakilan masing-masing desa. (rilis dari humas setda meranti)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com