*Tim Pemadam Api Sudah Diterjunkan

Sekitar 7 Hektar Lahan Terbakar di Rangsang

Dibaca: 891 kali  Jumat,30 Januari 2015 | 03:14:00 WIB

Sekitar 7 Hektar Lahan Terbakar di Rangsang
Ket Foto : Para Petugas dan Sukarelawan Berupaya Memadamkan Api

RANGSANG - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. Kali ini sekitar 7 hektar lahan terbakar di Jalan Utama, Dusun 3 Kampungbaru, Desa Gayung Kiri, Kecamatan Rangsang. Kebakaran diduga akibat dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, melalui Kapolsek Rangsang, Inspektur Polisi Satu, Syamsueri, saat dikonfirmasi merantionline.com, Jum'at (30/1) membenarkan hal itu. Syamsueri mengatakan, untuk mematikan api pihaknya sudah mengkoordinasikan penerjunan tim pemadam ke lapangan.

"Sekitar 70 orang personil pemadam api sudah diterjunkan ke lapangan. Terdiri dari 6 anggota Polsek, 15 orang dari Tim Masyarakat Peduli Api (MPA), 25 orang dari pihak Safety First Fire PT SRL dan lebih kurang 24 orang masyarakat sukarelawan," ungkap Syamsueri.

Untuk mendukung kerja Tim di lapangan, jelasnya, digunakan sejumlah peralatan pemadaman api, diantaranya 2 unit mesin air dengan selang 10 gulung (25 Meter), 4 skop dan 3 buah cangkul. Pihaknya menduga kebakaran lahan ini terjadi sejak Rabu (28/1) kemarin sekira pukul 04.00 Wib.

"Berdasarkan dari olah TKP awal kejadian, api diduga berasal dari pemakai Jalan yang membuang puntung rokok sembarangan. Sedangkan kita tahu saat ini cuaca panas disertai angin yang cukup kencang. sehingga ilalang kering yang ada di pinggir Jalan Utama itu mudah terbakar," ucap IPTU Syamsueri.

Kapolsek Rangsang ini juga menghimbau warga agar meningkatkan kehati-hatian karena saat ini sudah memasuki musim panas dan angin kencang. (ima)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com