Imigrasi Catat 5 WNA Bermukim di Meranti

Dibaca: 1245 kali  Jumat,30 Januari 2015 | 03:49:00 WIB

Imigrasi Catat 5 WNA Bermukim di Meranti
Ket Foto : Lambang Imigrasi

SELATPANJANG - Pihak Imigrasi Selatpanjang mencatat ada 5 Warga Negara Asing (WNA) yang saat ini sedang bermukim di Kabupaten Kepulauan Meranti. Tiga orang diantaranya berstatus pekerja dan Dua orang lainnya berstatus Ibu Rumah Tangga yang kedatangannya disponsori oleh suami masing--masing.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang, Tohadi SH MH, melalui Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi, Farid Maaruf SH, saat ditemui merantionline.com diruang kerjanya, Jumat (30/1) pagi.

Farid menjelaskan, 5 WNA itu sudah memenuhi syarat tinggal sementara sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Pihak Imigrasi Selatpanjang juga memberikan pelayanan yang baik sehingga mereka merasakan kenyamanan tinggal di daerah ini.

"Kita terus mensosialisasikan agar warga asing yang ingin tinggal di Kepulauan Meranti ini mematuhi perundang-undangan yang berlaku. Mengajukan izin tinggal sesuai prosedur dan melengkapi persyaratan, sehingga mereka nyaman tinggal sementara di daerah ini," ungkapnya.

Dirincinya, 5 Warga Negara Asing yang saat ini tinggal di Selatpanjang, antara lain 1 orang berasal dari China yang berkerja sebagai Guru Bahasa Mandarin, 1 orang dari Finlandia berkerja sebagai Direktur Pemasaran pada PT Sara Rasa Biomass, 1 orang dari Denmark sebagai Direktur Produksi PT Sara Rasa Biomass. Kemudian 2 orang Ibu Rumah Tangga yang masing-masing berasal dari India dan Vietnam.

"Dari 5 wNA itu, 2 diantaranya menikah dengan Warga Negara Indonesia. Sampai saat ini mereka belum tercatat sebagai Warga Negara Indonesia, karena untuk menjadi wNI prosesnya panjang, harus tetap tinggal disini terus-menerus selama 5 sampai 10 tahun," jelasnya. (ima)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com