*Belum Setahun Dibangun

Gedung Kesenian Merbau Rusak Berat

Dibaca: 939 kali  Selasa,03 Februari 2015 | 04:23:00 WIB

Gedung Kesenian Merbau Rusak Berat
Ket Foto : Salah seorang warga Merbau yang juga Aktivis LSM melihat kondisi bangunan Gedung Kesenian Kecamatan Merbau, Selasa (3-2)

MERBAU - Sejumlah kalangan menyoroti hasil pembangunan Gedung Kesenian di Kelurahan Telukbelitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Belum setahun dibangun lewat APBD Tahun Anggaran 2014 lalu, kondisi sarana umum itu sudah rusak berat.

Salah seorang warga setempat yang juga aktivis LSM Riau, Rozali, Selasa (3/2), mengatakan bangunan sarana umum tersebut belum setahun dibangun oleh rekanan kontraktor yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Ia menduga rekanan tidak mengerjakannya sesuai bestek.

"Jendela dan pintu sudah rusak, bagian dalam gedung mengalami penurunan, bahkan di sejumlah sudut lain juga mengalami kerusakan berat. Kini Gedung tidak bisa dimanfaatkan, padahal belum setahun dibangun," kata Rozali.

Terkait hasil pembangunan gedung itu, dirinya menilai proses pembangunan gedung hanya dikerjakan asal jadi. Sehingga pengerjaannya pun terkesan tanpa memenuhi ketentuan sesuai bestek, serta tidak mengedepankan kualitas.

"Kondisinya sungguh memprihatinkan, kita menilai proyek yang menelan anggaran ratusan juta rupiah itu dikerjakan asal-asalan saja. Buktinya, selain melengkung pada bagian bangunan, juga terdapat kerusakan parah, seperti jendela dan pintu, plafon yang retak dan roboh," ungkapnya.

Menurutnya, konsultan pengawas proyek itu tidak melakukan pengawasan dengan baik, sehingga terjadi pembiaran dan apapun yang dikerjakan kontraktor dilapangan langsung disetujui.

"Padahal itu belum dipastikan mengikuti bestek secara pasti, nah sekarang yang dirugikan siapa, tentunya daerah dan masyarakat tempatan itu sendiri," kesalnya.

Ia meminta lembaga penegak hukum segera bersikap. PPTK bangunan gedung kesenian ini harus diperiksa, jika pengerjaan terbukti tidak sesuai bestek, maka pejabat pelaksana atau pengguna anggaran terkait harus bertanggungjawab.

Sementara itu, Camat Merbau, Wan Abdul Malik, mengakui gedung kesenian itu dibangun lewat APBD tahun 2014 lalu. "Memang sudah rusak, kemungkinan akan diusulkan rehabnya melalui APBD Perubahan tahun 2015 ini," kata Camat. (nip)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com