*Dikunjungi Komisi C DPRD Riau

Pemkab Meranti Kembali Curhat Soal Dukungan APBD Riau

Dibaca: 1256 kali  Kamis,05 Februari 2015 | 02:30:00 WIB

Pemkab Meranti Kembali Curhat Soal Dukungan APBD Riau
Ket Foto : Sekda Kepulauan Meranti, Iqaruddin, menyerahkan cinderamata kepada Legislator Riau yang berkunjung ke Kepulauan Meranti, Kamis (5-2)

SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti kembali dikunjungi Legislator Provinsi Riau. Bahkan kali ini tidak hanya dari Komisi C DPRD Riau, namun juga turut serta Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Riau, Jhoni Irwan dan Wakil Ketua DPRD Riau. Manahara Manurung.

Rombongan Komisi C DPRD Riau disambut oleh Sekdakab, Iqaruddin dan Ketua DPRD Meranti, Fauzi Hasan, unsur Forkompinda, serta sejumlah Kepala Badan, Dinas, Kantor, Bagian, Camat dan tokoh masyarakat. Dimana rombongan dihadiri langsung oleh Ketua Komisi C, Aherson dan anggota, antara alin, Supriati, Yulianti, Ilyas HU, Rosfian, Husaimi Hamidi, Sewitri, Soniwati dan Siswaja Muljadi.

Dalam pertemuan singkat bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan tokoh masyarakat di Ballroom Afifa Sport Jalan Banglas Selatpanjang, Kamis (5/2), Pemkab Kepulauan Meranti kembali menyampaikan keluhan akan minimnya kucuran dana APBD Riau ke daerah ini. Hal itu senada dengan yang disampaikan saat kunjungan Komisi B DPRD Riau beberapa waktu lalu.

Kepada seluruh wakil rakyat di DPRD Riau yang hadir, Sekdakab mempertanyakan bantuan dana bagi hasil Kabupaten Kepulauan Meranti yang sangat kecil, selain itu bantuan APBD Riau untuk pembangunan infrastruktur yang dinilai tidak seimbang dan merata, sehingga tidak cukup untuk membangun Meranti sebagai Kabupaten baru yang perlu digesa pembangunannya.

"Karena APBD kami kecil dan bantuan Provinsi yang diberikan kepada kami juga kecil, program percepatan pembangunan mengalami kendala pembiayaan," jelas Sekda.

Menurut Sekda, pemerataan dana Provinsi bagi daerah pemekaran baru sangat penting karena untuk mengejar ketertinggalan butuh percepatan pembangunan. "Jadi kami sangat memerlukan dana, membangun sarana dan prasarana infrastruktur yang minim dan terbatas mulai jalan, puskesmas dan sekolah," jelas Sekda.

Pada kesempatan itu Sekda bersama tokoh masyarakat serta Camat juga mempertanyakan realisasi dana sebesar 200 Miliar rupiah, janji dari Gubernur Riau yang tertuang dalam visi dan misinya.

Menyikapi aspirasi tersebut, Wakil Ketua DPRD Riau, Manahara, meminta Pemda dan masyarakat Meranti segera menyampaikan proposal kepada DPRD untuk difasilitasi, khusus untuk jalan Bandul-Tanjung Padang Pemerintah Provinsi telah menganggarkan dana sebesar 5 Miliar Rupiah. Namun Pemda Kepulauan Meranti juga menginginkan Pemprov memperhatikan jalan Kecamatan dan Desa yang kondisinya sangat memprihatinkan. Selain itu untuk mengintensifkan Kamtibmas, Sekda juga meminta bantuan dana untuk pembangunan kantor Polsek di tiap Kecamatan, pos angkatan laut dan pos keamanan strategis lainnya.

Yang tak kalah penting realisasi dari SKPD terkait di dinas Provinsi yang berjanji akan membantu pembangunan infrastruktur. Dicontohkan salah satunya dalam kasus pembangunan Dermaga di Tanjung Samak.

"Pelabuhan Tanjung Samak awalnya dibiayai Provinsi namun ketika pelaksanaan uang tidak mengalir sehingga jadi beban daerah, karena sudah dilelang dan dilaksanakan," ungkap Kepala DPPKAD Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto SE MM.

Dispenda Riau sebagai salah satu SKPD mitra Komisi C DPRD Riau, dikatakan Kadispenda Riau. Jhoni Irwan pihaknya komit melakukan pemerataan dana bantuan Kabupaten. Dana tersebut diambil dari pajak yang menjadi kewajiban masyarakat mulai dari pajak kendaraan bermotor, BPKB, PBB, pajak air permukaan serta pajak rokok. Dari pajak tersebut Kabupaten Kepulauan Meranti mendapat jatah total 35 Miliar rupiah.

Jhoni juga mengeluhkan keluarnya Keppres Nomor 162 yang menyebabkan penurunan dana perimbangan untuk Provinsi Riau hingga 415 Miliar Rupiah. Selain itu penurunan harga minyak dunia yang berdampak pada menurunnya Dana Bagi Hasil (DBH) Migas Riau. (hms/ima)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com