Pernikahan Bukan Sekedar Formalitas Pasutri

Dibaca: 1290 kali  Kamis,05 Februari 2015 | 07:33:00 WIB

Pernikahan Bukan Sekedar Formalitas Pasutri
Ket Foto : Ilustrasi

SELATPANJANG - Pernikahan bukan sekedar formalitas bagi hubungan pasangan suami dan isteri (Pasutri), ataupun untuk pemenuhan fitrah insani semata. Lebih dari itu, pernikahan merupakan bentuk amal ibadah yang disyariatkan dalam agama.

Hal itu diungkapkan Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kepulauan Meranti, Drs H Tengku Akhrial, yang mewakili Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, saat membuka Seminar Adat Istiadat Pernikahan Melayu Riau, di GM Hotel Selatpanjang, Kamis (5/2).

"Dikatakan sebagai ibadah, karena secara jelas Allah dan Rasulnya mensyariatkan nikah sebagai perintah yang harus dilaksanakan, seperti yang termaktub dalam Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW," tuturnya, saat pembukaan seminar yang ditaja bersama LAMR Kepulauan Meranti itu.

Tengku Akhrial juga mengatakan, aspek lain yang perlu diperhatikan dalam tuntunan ibadah pernikahan, yakni maraknya angka perceraian di kalangan masyarakat dan terjadinya tindakan negatif berupa kekerasan dalam rumah tangga yang telah menjadi berita di mana-mana.

"Dengan cara menanamkan sifat adat istiadat dan beradab sopan santun dalam rumah tangga, dapat membentuk rumah tangga yang harmonis dengan Upaya meminimalisir terjadinya perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan dengan cara prefentif," jelasnya.

Tidak hanya itu, Tengku Akhrial juga berpendapat, pengembangan budaya lokal daerah dalam Adat Istiadat Pernikahan Melayu Riau, perlu dilakukan dengan serius dan membutuhkan kerjasama dukungan semua pihak.

"Sehingga keluarga sakinah dapat dibentuk yang pada akhirnya menghasilkan generasi berakhlakulkarimah, serta nantinya mampu membawa perubahan besar untuk negeri Kabupaten Kepulauan Meranti ini," harapnya. (ima)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com