Tahun ini, Rp50 Miliar untuk Infrastruktur Rangsang Barat

Dibaca: 1059 kali  Rabu,11 Februari 2015 | 04:55:00 WIB

Tahun ini, Rp50 Miliar untuk Infrastruktur Rangsang Barat
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, melantik BPD dari 9 Desa Se-Kecamatan Rangsang Barat, Rabu (11-2). (hms)

SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menaruh perhatian besar pada pembangunan infrastruktur perdesaan. Khusus desa-desa di Kecamatan Rangsang Barat, dialokasikan dana total mencapai Rp50 Miliar lebih untuk proyek infrastruktur tahun anggaran 2015.

Diantara proyek besar di kecamatan yang berbatasan dengan Selat Melaka tersebut adalah pembangunan jembatan Sungai Bokor di Desa Bokor yang menelan dana sekitar Rp5 Miliar. Lalu, perbaikan jalan akses dari Desa Peranggas menuju ibu kota kecamatan di Desa Bantar juga sebesar Rp5 Miliar.

“Kita juga mengalokasikan dana pembangunan dermaga di Desa Telaga Baru sebesar Rp3 Miliar dan pembangunan dermaga Desa Sialangpasung sebesar Rp3,5 Miliar," ungkap Bupati Irwan saat menutup Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), serta melantik BPD dari 9 Desa Se-Kecamatan Rangsang Barat, di Desa Bantar, Rabu (11/2).

Khusus jembatan Sungai Bokor, Bupati mengaku sedikit gusar. Soalnya kali ini sudah tahun ketiga dianggarkan namun jembatan itu tidak kunjung jadi, padahal dana untuk pembangunannya telah dianggarkan dalam APBD.

"Tahun ini saya minta diselesaikan. Masak pembangunan jembatan lima miliar aja tidak mampu, bagaimana mau membangun jembatan yang lebih besar. Insya Allah, kita harapkan tahun ini bisa dibangun. Saya minta Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas Perhubungan mempercepat pelelangannya," tegas Bupati.

Selain itu, Bupati juga merencanakan pembangunan jalan poros baru dari Desa Telaga Baru Kecamatan Rangsang Barat menuju Desa Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir yang berada di tepian Selat Melaka. Proyek jalan tersebut akan dibuat dengan sistem base agar lebih baik. Sistem ini berbeda dengan sistem pembangunan jalan di desa-desa selama ini.

"Kita ingin dengan sistem base, kualitas jalan lebih baik. Nantinya kita harapkan jalan itu bisa di-hotmix, bukan cuma disemen," ungkap dia.

Rp15 Miliar Aspirasi Kecamatan

Untuk mempermudah serapan aspirasi masyarakat dalam musrenbang, Khusus penyusunan anggaran tahun 2016, Bupati Kepulauan Meranti menegaskan akan mengalokasikan Rp15 Miliar perkecamatan. Dana itu khusus untuk menampung proyek-proyek aspirasi masyarakat yang diusulkan dalam musrenbang tingkat kecamatan.

"Selama ini saya dengar minim serapan usulan masyarakat pada saat musrenbang dalam APBD. Jadi, dengan memberikan alokasi khusus Rp 15 Miliar saya harap usulan yang muncul dalam musrenbang dapat diakomodir dengan dana ini. Sisa usulan baru kita salurkan melalui kegiatan-kegiatan di SKPD-SKPD," papar Bupati.

Sementara itu, Camat Rangsang Barat, Said Jamhur, menyambut baik program pembangunan infrastruktur di Kecamatannya. Dia mengaku selama ini masyarakat Kecamatan Rangsang Barat masih merasa kesulitan karena akses jalan dan jembatan di Kecamatannya masih kurang baik. Meskipun begitu, Camat mengatakan harapannya selama ini serasa sudah terwujud. (hms)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com