Mantap, Riau Sebentar Lagi Punya Sekolah Pilot

Dibaca: 1439 kali  Sabtu,14 Februari 2015 | 10:10:00 WIB

 Mantap, Riau Sebentar Lagi Punya Sekolah Pilot
Ket Foto :

Rengat-Provinsi Riau akan memiliki sekolah pilot di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, yang diwacanakan lokasinya memanfaatkan Bandara Japura yang berlokasi di Jalan Lintas Timur, Kecamatan Lirik.
 
         "Jika ini benar, maka berbanggalah semua putra - putri Riau khususnya Indragiri Hulu siswa lulusan SMA sederajat dapat memanfaatkannya, karena fasilitas didaerah memadai sehingga diharapkan menjadi sekolah unggulan dan rebutan," kata salah satu Pengurus Dewan Pendidikan Indragiri Hulu, Asri, ditemani Adek Chandra di Rengat, Jumat.
 
         Ia mengatakan wacana dijadikannya bandara tempat sekolah pilot sangat baik karena Indragiri Hulu akan lebih maju, dunia pendidikan daerah akan lebih bervarias dan pada akhirnya lulusan sekolah menengah lanjutan atas akan daftarkan diri dan lulusannya nanti menjadi perhatian khusus.
 
         Sekolah pilot menjadi harapan banyak siswa dan diyakini akan menjadi sekolah andalan di daerah Riau karena setiap kabupaten memiliki sekolah unggulan masing - masing, selain itu tentunya dapat membantu promosi daerah.
 
         "Namun yang lebih penting adalah dapat menempa putra/putri Riau menjadi sumber daya manusia yang berkompeten di dunia jasa penerbangan tanah air," sebutnya.
 
         Menurutnya, apa yang disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau Adizar pada Kamis (12/2) di Kantor Gubernur Riau itu akan menguntungkan banyak pihak, disampaikannya bahwa sekolah pilot memang direncanakan dengan mengoptimalkan keberadaan bandara Japura di Rengat, Indragiri Hulu.
 
         "Saat ini sedang dipersiapkan dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan penerimaan," sebut Asri menirukan janji Adizar
    Adizar juga menjelaskan salah satu alasan memilih Bandara Japura di Rengat, cerita Kadishub, karena melihat potensi bandara yang sudah ada, namun pemanfaatannya kurang optimal, sehingga ketika usulan menyiapkan sebagai tempat pendidikan penerbangan, yakni pilot disambut pusat. Realisasinya pun digesa pemerintah.
 
         "Dengan infrastruktur yang ada dan penerbangan yang masih kurang optimal, maka kami siapkan sebagai tempat sekolah pilot, untuk angkatan pertama akan menampung 30 - 40 siswa," ujar adizar.
 
         Sekolah Pilot Japura yang direncanakan Pemprov Riau, lanjut Adizar, nantinya bisa menampung putra-putri Riau tamatan SMA sederajat, mengenai waktu pendaftaran dan persyaratan lainnya serta tenaga pendidik dan lain, Dishub Riau sedang berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kemenhub RI.
 
         Salah satu siswa SMA N 1 Rengat Barat Windikapilyadi mengatakan jika benar sekolah pilot berdiri di Rengat diyakini peminatnya sangat banyak, karena sekolah di daerah luar daerah membutuhkan biaya lebih besar.
 
         "Saya sangat tertarik dan berharap segera direalisasikan wacana tersebut," pintanya. (rep05/ant)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com