KPU Kepri Pertanyakan Anggaran Pilkada Batam

Dibaca: 1021 kali  Selasa,17 Februari 2015 | 10:50:00 WIB

KPU Kepri Pertanyakan Anggaran Pilkada Batam
Ket Foto : Lambang KPU

TANJUNGPINANG - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (KPU Kepri) menyatakan sumber anggaran untuk menyelenggaraan pilkada di Batam, Natuna dan Karimun belum diputuskan.

"Karena permasalahan itu penting dan krusial, akan kami tanyakan kepada KPU RI saat rapat nanti, apakah bersumber dari pusat atau daerah," kata Ketua KPU Kepri Said Sirajudin di Tanjungpinang, Senin (16/2).

Said menambahkan masa jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Batam, Natuna dan Karimun berakhir pada semester pertama tahun 2016.  Artinya, penyelenggaraan pilkada di tiga daerah itu sudah di depan mata sehingga perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah maupun KPU RI.

Sumber anggaran pilkada, menurut dia, tergantung pada hasil pembahasan revisi UU Pilkada.

"Kalau anggaran untuk pelaksanaan Pilkada Kepri, Lingga, Bintan dan Kepulauan Anambas sudah jelas dari daerah. Untuk Pilkada Kepri sudah dianggarkan Rp80 miliar," ujarnya.

Dia mengemukakan hingga sekarang belum diketahui kapan dilaksanakan Pilkada Kepri, Lingga, Bintan dan Anambas. Tahapan pilkada ditetapkan sesuai dengan regulasi pilkada yang masih dibahas DPR.

"Kemungkinan besok baru disahkan DPR. Kami akan mempelajari peraturan itu," ujarnya.

Dia mengatakan KPU Kepri sudah menyiapkan rancangan Peraturan KPU terkait tahapan pilkada, daftar pemilih tetap dan pencalonan.

"Rancangan Peraturan KPU tersebut akan disesuaikan dengan UU Pilkada," katanya. (ant)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com