Kemen LHK Bantu Dana Pembuatan Sekat Kanal

Dibaca: 1319 kali  Selasa,17 Februari 2015 | 04:48:00 WIB

Kemen LHK Bantu Dana Pembuatan Sekat Kanal
Ket Foto : Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan Kementerian LHK RI, Ir Raffless B Panjaitan MSc, meninjau langsung sekat kanal yang sudah dibangun

SUNGAI TOHOR - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) Republik Indonesia menyalurkan bantuan pembuatan sekat kanal kepada kelompok masyarakat di Kecamatan Tebingtinggi Timur (3T), Kepulauan Meranti. Untuk tahap awal bantuan diserahkan sebesar Rp50 juta.

Bantuan tahap awal yang diserahkan oleh Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan Kementerian LHK, Ir Raffless B Panjaitan MSc, diterima oleh Ketua Kolompok Masyarakat Peduli Lingkungan, Abdul Manan, dan disaksikan Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, diruang kerja Camat 3T, Selasa (17/2).

Bantuan untuk masyarakat membangun sekat kanal di Desa Sungai Tohor ini, merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya pada tanggal 27 November 2014 lalu Presiden Jokowi menyerahkan langsung bantuan Rp300 juta saat blusukan asap ke Desa tersebut.

"Penyerahan bantuan ini dalam rangka mendukung upaya penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan serta menjaga kelestarian hutan alam, sagu rakyat dan lahan gambut," ujar Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan Kementerian LHK, Ir Raffless B Panjaitan MSc.

Dikatakannya, bantuan penambahan pembangunan sekat kanal ini disalurkan secara bertahap dan akan digulirkan dalam waktu dekat lagi oleh pihak Kementerian LHK, termasuk dukungan juga dari Gubernur Riau dan Bupati Kepulauan Meranti.

"Dari pihak kita (Kemen LHK, red) akan menambahkan lagi sebesar Rp150 juta dalam waktu dekat. Kemudian dari Gubernur Riau serta Bupati kita minta komitmennya membantu masing-masing Rp200 juta yang digunakan untuk pembangunan sekat kanal, guna penanggulangan Karhutla," ujarnya.

Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, mengatakan bantuan ini diperuntukkan bagi Desa-desa dalam wilayah Kecamatan Tebingtinggi Timur. Untuk tahap ini akan diberikan di Desa yang saluran air kanalnya lepas ke sungai atau ke laut.

"Memang pada tahap awal ini Menteri LHK baru menyerahkan bantuan sebesar Rp50 juta yang bisa untuk membangun 3 sekat kanal saja. Namun saya dapat penjelasan dari Pak Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan bahwa akan digulirkan lagi dari Pak GUbri dan Pak Bupati kita," katanya.

Menurut Camat, bantuan pembuatan sekat kanal ini merupakan langkah awal dalam upaya mencegah dan menangani Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Tebingtinggi Timur. "Untuk kedepannya lebih elok lagi tidak ada pembuatan kanal baru termasuk penebangan hutan alam," harapnya.

Pada saat acara penyerahan bantuan itu berlangsung, turut dihadiri Kepala Desa Sungai Tohor, Pj Kades Nipahsendanu dan Sekdes Tanjungsari serta sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam pengarahannya, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan Kementerian LHK juga meminta Pemerintah Kecamatan, Desa dan masyarakat untuk mengawasi pekerjaan pembuatan sekat kanal tersebut.

Usai penyerahan bantuan itu, rombongan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan Kementerian LHK bersama para aktivis lingkungan langsung dibawa Camat meninjau hasil pengerjaan sekat kanal bantuan Presiden Jokowi yang sudah selesai dibangun di Parit Kekat Desa Sungaitohor. (rls/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com