*Buka MDPT BUMDes Banglas Bestari

Camat Ajak Warga Rawat Aset Bantuan Pemerintah

Dibaca: 791 kali  Selasa,17 Februari 2015 | 05:50:00 WIB

Camat Ajak Warga Rawat Aset Bantuan Pemerintah
Ket Foto : Kegiatan MDPT BUMDes Banglas Bestari di Desa Banglas, Selasa (17-2)

SELATPANJANG - Camat Tebingtinggi, Kepulauan Meranti, Drs Asroruddin MSi, meminta warganya untuk memanfaatkan dan merawat seluruh aset bantuan pemerintah dengan baik. Tidak hanya aset infrastruktur fisik, namun juga aset keuangan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Dana yang dikelola BUMDes juga merupakan salah satu aset bantuan pemerintah yang harus dimanfaatkan, dirawat dan dikembangkan oleh pengelola bersama masyarakat," ujar Camat, saat membuka Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT) BUMDes Banglas Bestari, Selasa (17/2).

Turut hadir saat MDPT itu, staf BPMPD Kepulauan Meranti, Adi Dharma, Kepala Desa Banglas, Muhamad, Ketua BPD terpilih, Siti Nurbandini, Ketua LAMR Meranti yang juga Ketua LPMD Banglas, H Ridwan Hasan, Direktur BUMDes, Junaidi dan staf serta seluruh nasabah BUMDes.

Dikatakan Camat, bantuan permodalan BUMDes yang bermula dari Program Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP), merupakan wujud nyata dan upaya pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan masyarakat di perdesaan.

"Tujuannya adalah mendorong berkembangnya perekonomian masyarakat, meningkatkan dorongan berusaha bagi warga desa yang berpenghasilan rendah, dan juga mengurangi ketergantungan terhadap rentenir juga meningkatkan kebiasaan gemar menabung," ungkapnya.

Untuk itu, jelasnya, dana permodalan yang dipinjam masyarakat dari BUMDes, harus dikembangkan melalui kegiatan usaha. Dana tersebut juga harus diperuntukkan sesuai tujuan peminjamannya, sehingga para nasabah dapat melakukan pengembalian sesuai jadwal yang ditentukan.

Sementara itu staf Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kepulauan Meranti, Adi Dharma, atas nama Kepala BPMPD mengungkapkan apresiasinya atas pengelolaan dana simpan pinjam bergulir oleh BUMDes Banglas Bestari.

"Kami menilai laporan keuangan BUMDes ini sangat akuntabel. Ini merupakan prestasi karena langsung dipertanggungjawabkan dan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat. Maka uang pinjaman usaha gunakanlah untuk usaha, duitnya harus menghasilkan laba," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Direktur BUMDes Banglas Bestari, Junaidi, berkesempatan menyerahkan bantuan dana pembangunan Desa sebesar Rp 1.472.200,- kepada Kepala Desa, Muhamad. Dana itu merupakan 10 persen dari pendapatan laba bersih BUMDes dari pengelolaan tahun 2014 lalu.

Selain itu, BUMDes Banglas Bestari juga memberikan bantuan sosial berupa peralatan sekolah bagi siswa kurang mampu, pemberian hadiah bagi nasabah yang terkategori mampu melakukan pemanfaatan terbaik dan pemberian doorprise sebagai penyemangat bagi nasabah. (sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com