Bupati Resmikan PLTD Desa Tenggayun Raya

Pemkab Meranti Jamin Ketersediaan Listrik hingga ke Pelosok Desa

Dibaca: 1801 kali  Kamis,19 Februari 2015 | 08:41:00 WIB

Pemkab Meranti Jamin Ketersediaan Listrik hingga ke Pelosok Desa
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, mengamati kondisi Mesin PLTD yang baru diresmikan di Desa Tenggayun Raya, Kecamatan Rangsang Pesisir, Rabu

RANGSANG PESISIR - Komitmen BupatI Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, dalam menjamin ketersedian listrik hingga kepelosok desa secara bertahap terus diwujudkan, salah satunya dengan membangun fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di masing-masing Desa.

Kali ini program Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Kepulauan Meranti itu menyasar di Desa Tenggayun Raya, Kecamatan Rangsang Pesisir. Di Desa itu Bupati meresmikan PLTD dengan kapasitas 150 KWH, Rabu (18/2).

Turut hadir bersama Bupati, Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H Fauzi Hasan, para Kepala Badan, Dinas, Kantor dan Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Camat Rangsang Pesisir, Idris Sudin, serta Kepala Desa Se-Kecamatan Rangsang Pesisir dan ratusan masyarakat.


Dikatakan Bupati, dirinya sangat mengapresiasi perkembangan Desa Tenggayun Raya yang merupakan pemekaran dari Desa Bungur, terlihat dengan geliat pembangunan yang luar biasa. "Saya ucapkan terimakasih kepada Kepala Desa yang telah membangun desa ini," ucap Bupati.

Terlebih lagi dengan dibangunnya PLTD kapasitas 150 KWH, tinggal lagi Pemda menyediakan jaringan hingga ke seluruh rumah masyarakat, untuk merealisasikannya, Pemda Kepulauan Meranti melalui Distamben telah menganggarkan dana sebesar Rp3 Miliar pertahun.

"Kita akan terus melakukan penambahan aliran listrik, jika itu tuntas dapat memberikan peningkatan ekonomi bagi masyarakat," ucap Bupati Irwan.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, pembangunan PLTD sebesar 150 KWH merupakan tahap awal, kedepan masih di tahun 2015 ini, setelah Bupati melakukan koordinasi dengan PLN akan dibangun lagi pembangkit sepuluh kali lebih besar dengan kapasitas 1,5 MW. "Kita harapkan listrik dapat dinikmati 24 jam hingga ke pelosok desa," tegas Bupati.

 

Sekedar informasi, dalam acara itu Bupati juga berkesempatan memberikan sejumlah bantuan peralatan kepada masyarakat seperti bantuan mesin kompresor, mesin jahit, mesin obras, lampu penerang, box untuk ikan serta bantuan sapi ternak.

"Kita berharap melalui bantuan peralatan ini dapat meningkatkan produktifitas maayarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan," harap Bupati.

Di Kecamatan Rangsang Pesisir Bupati yang didampingi Ketua DPRD dan rombongan juga menghadiri acara penutupan Musrenbang tingkat Kecamatan, dalam kesempatan itu Bupati mengatakan akan berusaha mengakomodir seluruh usulan dari masyarakat yang juga didukung oleh DPRD. Bupati berharap dana sebesar Rp28 Miliar yang telah dianggarkan untuk Kecamatan Rangsang Pesisir dapat dimanfaatkan untuk membangun proyek prioritas seperti membangun infrastruktur jalan yang memang cukup memprihatinkan.

"Sebaiknya program 2016 yang akan dilaksanakan disingkronkan dengan program tahun 2015 agar terjadi kesinambungan dan semua tidak menjadi sia-sia," saran Bupati.

Pemda juga memberikan dana ADD sebesar Rp700 juta dan dana pembangunan desa Rp800 juta. Dana ini dikatakan Bupati sepenuhnya diserahkan kepada Kepala Desa dan masyarakat untuk mengelolanya.

"Kades bersama masyarakat silahkan membangun sendiri desanya. Kedepan saya berharap tiap desa sudah memiliki kantor desa yang representatif," ucap Bupati mengakhiri.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Fauzi Hasan, menyatakan komitmennya dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya untuk peningkatan jalan poros di pedesaan, kecamatan.

"DPRD akan mendukung usulan dari masyarakat Rangsang Pesisir dari segi pembangunan. DPRD tidak akan mengurangi anggaran, khususnya untuk pembangunan jalan, jika perlu ditambah. Ruang kelas baru yang dibutuhkan akan dipetakan, dana aspirasi akan diarahkan ke bidang pendidikan. Berikan pendataan yang jelas apa yang dibutuhkan mobiler, ruang kelas baru apa saja akan kita anggarkan," tegas Fauzi. (adv/hms)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com