*Akan Diutus Lomba Tingkat Provinsi

Camat 3T Bina Posyandu Lansia Muara Kasih Sungai Tohor

Dibaca: 1335 kali  Kamis,19 Februari 2015 | 12:04:00 WIB

Camat 3T Bina Posyandu Lansia Muara Kasih Sungai Tohor
Ket Foto : Camat Tebingtinggi Timur Helfandi dan isteri saat bercengkrama dengan para lanjut usia (lansia)

SUNGAI TOHOR - Diantara 10 Program Pokok PKK, terdapat program pembinaan terhadap keluarga, diantaranya Bina Keluarga Lansia (BKL), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Balita (BKB), seperti yang saat ini dilakukan Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi Timur (3T).

"Di setiap Kecamatan dan fokusnya di Desa, kegiatan ini semestinya berjalan dalam rangka menuju Keluarga Berencana yang sehat dan sejahtera. Stakeholder terkait juga perlu membinanya, seperti Dinas Kesehatan, Kantor P3AKB, PKK dan Puskesmas," kata Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, Kamis (19/2).

Diungkapkannya, saat ini Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi Timur sedang melakukan pembinaan terhadap Posyandu Lansia Muara Kasih Desa Sungaitohor, dimana Posyandu Lansia ini dipersiapkan untuk lomba tingkat Provinsi Riau pada Bulan Maret yang akan datang.

"Saya tidak tahu persis indikator apa yang menyebabkan Posyandu ini menjadi pertimbangan pihak Kabupaten untuk mewakili daerah pada lomba BKL di tingkat Provinsi, mungkin karena Desa ini pernah menjadi percontohan Model Desa Bahtera Kencana (Bahagia Sejahtera Keluarga Berencana) tingkat Provinsi Riau akhir tahun 2014 lalu," ujarnya.

Dengan kepercayaan yang diberikan, kata Camat, tentunya mendorong Pemerintah Kecamatan dan desa lebih serius mempersiapkan Posyandu Lansia itu semaksimal mungkin, Namun SKPD terkait lainnya juga harus berkomitmen dan mendukung maksimal dalam memberikan pembinaan.

"Saya minta kepada Kader-kader BKL di Posyandu Lansia Muara Kasih Sungaitohor agar pembinaan ini tidak hanya untuk lomba saja, harus berkelanjutan dalam pembinaannya, karena hal ini dinilai positif dan disambut baik oleh lansia ataupun pra lansia hingga dicontoh oleh desa-desa lain dalam wilayah Kecamatan ini," harapnya.

Lebih jauh camat berkaca mata ini mengharapkan, para kader BKL mampu melakukan inovasi terhadap program yang dibuat, seperti membuat program bulanan, selain adanya penimbangan bagi para lansia, juga perlu didukung PMT susu, pemeriksaan tensi, gula darah dan kolesterol.

"Saya kira bukan itu saja, perlu ada touring keliling kampung, peta rumah tangga lansia, cerdas cermat kelompok, Senam Sehat Lansia, keterampilan bagi Lansia yang dapat bernilai ekonomis, termasuk pencatatan administrasi serta dokumentasi juga harus lebih baik lagi," ucapnya.

Kalau Posyandu Lansia Muara Kasih ini sudah bagus, tambah Helfandi, maka hanya tinggal sedikit pembinaan lagi. Camat ini juga yakin kadernya sudah siap dilombakan hingga bisa menjadi juara tingkat nasional. (rls/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com