Pilkada Natuna Gunakan APBD Perubahan 2015

Dibaca: 2755 kali  Jumat,20 Februari 2015 | 04:56:00 WIB

Pilkada Natuna Gunakan APBD Perubahan 2015
Ket Foto : Kantor Bupati Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

TANJUNG PINANG - Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Natuna akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2015. Penganggaran dalam APBD-P itu karena sebelumnya tidak dialokasikan dalam APBD murni tahun 2015.

"Pemerintah Kabupaten Natuna belum menganggarkan untuk pelaksanaan pilkada. Jalan satu-satunya, anggaran pilkada menggunakan anggaran perubahan tahun 2015," ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau, Arison, di Tanjungpinang, Jumat (20/2).

Arison menambahkan awalnya Pilkada Kepri 2015 hanya dilaksanakan secara simultan dengan Lingga, Kepulauan Anambas, dan Bintan. Namun setelah UU Nomor 1 tahun 2015 tentang Pilkada disahkan, ternyata Natuna, Karimun, dan Batam juga diwajibkan menyelenggarakan pilkada pada Desember 2015.

Hal itu disebabkan masa jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah Natuna, Batam, dan Karimun berakhir pada semester pertama tahun 2015.

Pemerintah Batam maupun Karimun sudah menganggarkan pilkada untuk tahapan persiapan dan beberapa tahapan dengan menggunakan anggaran murni. Kekurangan anggaran akan dialokasikan ke dalam anggaran perubahan.

"Untuk anggaran Pilkada Natuna tahun 2015 dapat dibantu dengan menggunakan anggaran dari pusat. Sebab tahapan pilkada dimulai April 2015 mendatang," ucapnya.

Arison mengimbau pemerintah di daerah yang menyelenggarakan pilkada mempercepat pengesahan anggaran perubahan tahun ini untuk mendukung kegiatan pesta demokrasi.

"Kementerian Keuangan sudah mengingatkan pemerintah daerah agar mengesahkan anggaran pilkada paling lama Juni 2015," katanya.

Dia mengemukakan KPU Provinsi Kepulauan Riau belum memutuskan tanggal pelaksanaan pilkada. Namun dipastikan pilkada diselenggarakan serentak bulan Desember 2015 ini.

"Kami masih menunggu Peraturan KPU RI terkait permasalahan itu," ujarnya. (ant)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com