Soal Pilkada Serentak, DPRD Riau Panggil KPU

Dibaca: 791 kali  Senin,23 Februari 2015 | 02:57:00 WIB

 Soal Pilkada Serentak, DPRD Riau Panggil KPU
Ket Foto :

Pekanbaru-Komisi A DPRD Riau mengatakan akan secepatnya memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi setempat guna mempertanyakan persiapan pemilihan kepala daerah serentak yang dijadwalkan Desember 2015 di sembilan kabupaten/kota.
 
"Sesegera mungkin kita di Komisi A akan memanggil KPU untuk rapat dengar pendapat membahas kesiapan Pilkada di Riau. Baik secara struktur serta langkah agar pelaksanaannya berjalan jujur dan lancar," kata Sekretaris Komisi A DPRD Riau Suhardiman Amby di Pekanbaru, Minggu.
 
Menurut dia, sebelumnya juga sudah pernah dibahas bersama dengan KPU mengenai kesiapan Pilkada serentak di Kabupaten/Kota di Riau, tetapi baru untuk empat Daerah. Hal itu karena awalnya diprediksi hanya empat daerah, namun belakangan menjadi sembilan kabupaten/kota setelah disahkannya Undang-Undang Pilkada.
 
"Paling lambat awal bulan Maret rapat kerja bersama KPU Riau dan juga beberapa pemangku kepentingan lainnya, seperti Badan Pengawas Pemilihan Umum dan Biro Pemerintahan Pemprov Riau, untuk mempertanyakan lima daerah itu," terang Politisi Hanura Riau itu.
 
Sementara itu, Komisioner KPU Riau Ilham M. Yasir ketika dihubungi mengatakan salah satu kendala saat ini adalah masalah anggaran lima Pilkada lagi. 
 
Hal ini dikarenakan dana untuk menyelenggarakan pemilihan bupati/walikota hanya bisa ditumpangkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2015 masing-masing daerah.    
 
"Jalan satu-satunya memang menggunakan anggaran APBDP 2015. Kalau APBDP lancar, begitu ketok palu Juli, langsung digunakan mungkin tidak apa-apa. Kalau dananya tidak bisa langsung digunakan bagaimana? Ini yang menjadi kekawatiran kami," ujarnya.
 
Sementara itu, lanjut dia, tahapan Pilkada akan segera dimulai pada Februari 2015 ini. Lima kabupaten/kota yang belum jelas anggarannya adalah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Kuantan Singingi.
 
Sedangkan empat kabupaten/kota lainnya yakni Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Indragiri Hulu penganggarannya sudah terencana dengan matang dan anggarannya sudah masuk dalam program APBD 2015. (rep05/ant)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com