Warga Alai Selatan Janji Nggak Beol Sembarangan

Dibaca: 1042 kali  Rabu,25 Februari 2015 | 03:55:00 WIB

Warga Alai Selatan Janji Nggak Beol Sembarangan
Ket Foto : Ilustrasi

TEBINGTINGGI BARAT - Ada hal yang menggelitik namun patut dicontoh dalam rangkaian acara yang dihadiri Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, di Kantor Desa Alai Selatan, Selasa (24/2) kemarin, warga setempat menyampaikan deklarasinya untuk tidak lagi berprilaku buang air besar alias beol sembarangan.

Pantauan merantionline.com, Ikrar itu dibacakan sejumlah perwakilan warga dihadapan Bupati Irwan dalam rangka mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang sedang digalakkan Pemkab Kepulauan Meranti melalui Dinas Kesehatan.

“Kami berjanji untuk bebas dari perilaku buang air besar sembarangan,” teriak salah seorang deklarator, saat membaca poin pertama ikrar itu diikuti puluhan warga lainnya. Atas deklarasi tersebut, Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti meluncurkan kegiatan pendukung program serta menyerahkan sertifikat STBM kepada masyarakat.

Usai menjadi saksi deklarasi tersebut, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, menyampaikan apresiasinya kepada warga Desa Alai Selatan. Menurut Bupati, ikrar itu memang sederhana dan menggelikan, namun sangat penting dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap kesehatan lingkungan.

“Dari data Dinas Kesehatan masih banyak masyarakat kita yang buang air besar belum teratur. Alhamdulillah warga Desa Alai Selatan sudah menyatakan ikrarnya. Memang sederhana juga menggelikan, tapi ini sangat penting dalam menjaga kesehatan lingkungan kita,” kata Bupati Irwan.

Diungkapkannya, ada kondisi kontradiksi di sebagian masyarakat terkait ketersediaan sarana sanitasi yang memadai, dimana ada warga yang dirumahnya terdapat banyak handphone, bahkan memiliki sepeda motor 2 sampai 3 unit, namun rumah itu tidak memiliki jamban.

Oleh karena itu, lanjut Bupati Irwan, Pemkab Kepulauan Meranti melalui Dinas Kesehatan akan terus membina program STBM dalam rangka menciptakan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat ditengah masyarakat.

“Saya juga menantang Kepala Desa lainnya untuk mensosialisasikan gerakan ini di desanya masing-masing, sebagaimana yang diikrarkan oleh warga Desa Alai Selatan ini,” ucap Bupati Irwan. (cr2/sus)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com