*Pemilukada Kepulauan Meranti 2015

DPD Golkar Meranti Tetapkan Rekomendasi Balon Bupati

Dibaca: 1555 kali  Senin,02 Maret 2015 | 03:04:00 WIB

DPD Golkar Meranti Tetapkan Rekomendasi Balon Bupati
Ket Foto : Lambang Partai Golongan Karya

SELATPANJANG - Rapat Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Kepulauan Meranti, Minggu (1/3) malam, menyepakati keputusan terkait agenda Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Desember 2015 mendatang, terutama menyangkut rekomendasi Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah yang akan diusung.

Hadir lengkap dalam rapat itu, antara lain Ketua dan Sekretaris DPD, Dewan Pertimbangan, Ketua Harian, para pengurus DPD Golkar Kepulauan Meranti, termasuk para Ketua Pengurus Kecamatan (PK) Partai Golkar se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Kepulauan Meranti, A Rahim MR SE, kepada merantionline.com, mengungkapkan keputusan penetapan rekomendasi Bakal Calon Bupati untuk Pemilukada tersebut diambil dari hasil pengkajian internal yang dilakukan jajaran Pengurus DPD Golkar Kepulauan Meranti.

“Ada beberapa pertimbangan dan kajian internal DPD Golkar Kepulauan Meranti sehingga malam tadi telah diambil keputusan bahwa DPD Golkar Kepulauan Meranti merekomendasikan pencalonan Pak Irwan sebagai calon Bupati pada Pemilukada akhir tahun 2015 ini,” ungkap Rahim.

Dijelaskannya, salah satu pertimbangan rekomendasi itu karena Drs H Irwan MSi, yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati sudah melakukan pendekatan politik yang lebih serius ke Golkar, serta sanggup memenuhi sejumlah persyaratan yang salah satunya syarat mengundurkan diri dari status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Kita juga terus memantau perkembangan Pak Irwan yang merupakan calon incumbent, dimana melihat dari sosoknya masih diterima oleh masyarakat, sedangkan persyaratan yang diminta berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku juga telah disanggupinya,” ujar Rahim.

Pertimbangan lainnya, lanjut Rahim, bahwa Partai Golkar Kepulauan Meranti tidak bisa mengusung penuh Bakal Calon Kepala Daerah pada Pemilukada ini, saat ini Partai Golkar hanya memiliki tiga kursi legislator di DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Memang harus berkoalisi dengan partai lain. Golkar Kepulauan Meranti hanya memiliki 3 kursi di dewan, sedangkan syarat mengajukan calon sendiri harus memiliki perolehan suara 20 persen dari hasil Pemilihan Umum Legistatif (Pileg) atau 6 kursi anggota DPRD,” jalasnya.

Rahim menambahkan, DPD Golkar Kepulauan Meranti memang tidak membuka bursa penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah, namun apabila ada persyaratan yang tidak terpenuhi oleh calon yang sudah direkomendasikan, maka tidak menutup kemungkinan diberi kesempatan kepada bakal calon lainnya. (cr4/sus)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com