Tahun Ini, Kota Selatpanjang Mulai Dinilai Tim Adipura

Dibaca: 1240 kali  Senin,02 Maret 2015 | 07:32:00 WIB

Tahun Ini, Kota Selatpanjang Mulai Dinilai Tim Adipura
Ket Foto : Piala Adipura

SELATPANJANG - Sebagaimana usulan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan Meranti sejak tahun 2014 lalu, mulai tahun 2015 ini Kota Selatpanjang sudah masuk sebagai Kota yang akan dinilai Tim Adipura Provinsi Riau. Peran aktif masyarakat menjadi salah satu indikator dalam penilaiannya.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs Irmansyah MSi, kepada merantionline.com dikantornya Jalan Banglas Selatpanjang, Senin (2/3). Dikatakannya, dari penilaian pendahuluan tahun lalu, Kota Selatpanjang mendapat poin nilai 60.

“Tahun lalu sudah kita ajukan survei dan sudah turun tim pendahulu dari Eco Region Sumatera selaku perwakilan Kementerian LHK dan Tim Adipura Provinsi Riau. Dari penilaian mereka, mulai tahun ini Kota Selatpanjang sudah layak masuk sebagai salah satu Kota yang dinilai provinsi,” ungkapnya.

Dijelaskannya, selama tahun 2015 ini Tim Adipura akan melakukan dua kali penilaian, jadwal penilaian pertama akan dilakukan sekitar bulan April dan Mei, kemudian jadwal penilaian kedua pada bulan Oktober atau November mendatang.

“Sasaran penilaian itu antara lain di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, Sekolah-sekolah, RSUD, Kantor-kantor pemerintah serta penilaian terhadap peran aktif masyarakat bergotong-royong membersihkan lingkungan,” jelasnya.

Untuk itu, harap Kepala BLH, program ini mendapatkan dukungan dari masyarakat dan instansi terkait pemerintah daerah. Peran para Ketua RT, RW dan Kelurahan juga sangat berarti dalam mengkoordinasikan program bersih lingkungan itu.

“Himbauan kami agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Buanglah sampah organik dan non organik pada tempatnya, serta jangan membakarnya supaya dapat diolah kembali nantinya,” harapnya. (cr4/sus)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com