*Buka Musrenbang Kecamatan Tebingtinggi

Bupati: Komitmen Kami Menyelaraskan Pembangunan Manusia dan Infrastruktur

Dibaca: 985 kali  Selasa,03 Maret 2015 | 05:27:00 WIB

Bupati: Komitmen Kami Menyelaraskan Pembangunan Manusia dan Infrastruktur
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, memasangkan baju seragam untuk perwakilan Ketua RT dan RW se-Kecamatan Tebingtinggi, Selasa (3-3)

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, menegaskan program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemda Kepulauan Meranti harus berdampak luas bagi kesejahteraan masyarakat, untuk mewujudkan harapan itu, perlu diselaraskan antara pembangunan manusia dan pembangunan fisik infrastruktur.

"Membangun manusia sebagai objek pembangunan sangat penting agar pembangunan yang dilaksanakan tidak menimbulkan masalah sosial," ujar Bupati saat pembukaan Musrenbang tingkat Kecamatan Tebingtinggi, Selasa (3/3).

Menurut Bupati, Pembangunan infrastruktur yang dilakukan akan sia-sia jika tidak diselaraskan dengan pembangunan manusia sebagai objek pembangunan.

"Kita membangun gedung dan jalan tapi tidak bisa dimanfaatkan oleh manusianya maka akan sia-sia, oleh karena itu saya memasukan pembangunan manusia sebagai pilar pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti," jelas Bupati.

Selain itu, jika pembangunan infrastuktur tidak diiringi dengan pembangunan manusia berpotensi menimbulkan gesekan sosial, pembangunan manusia untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan arti pembangunan yang dilaksanakan.

"Ketidak-pahaman dapat menimbulkan persaingan dan perkelahian antar kelompok, padahal pembangunan yang dilaksanakan bukan untuk satu kelompok atau golongan tetapi untuk seluruh masyarakat Kepulauan Meranti," ujarnya lagi.

Bentuk pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Kepulauan Meranti seperti yang saat ini sedang gencar dilaksanakan dengan meningkatkan aktifitas seni budaya, aktifitas olahraga serta keagamaan.

Aktifitas seni dengan dukungan dan bantuan yang diberikan kepada para pelaku seni, sedangkan olahraga dengan memberikan bantuan berbagai peralatan olahraga ditiap desa yang dikunjungi Bupati, sementara untuk pembangunan dibidang keagamaan dengan memberikan sejumlah bantuan untuk pembangunan Masjid dan Mushola ditiap Desa dan Kecamatan Se-Kepulauan Meranti.

Seperti diketahui, tiap tahun Pemkab Kepulauan Meranti menggelontorkan bantuan untuk 500 Masjid dan Mushola. "Ini untuk memperindah rumah ibadah agar masyarakat suka mengunjunginya," ujar Bupati.

Dan pada kesempatan itu, Pemda Meranti menggelontorkan sejumlah bantuan untuk 29 Masjid dan Mushola di Kecamatan Tebingtinggi. Bantuan terbesar diberikan untuk masjid Darul Ulum sebesar 1,490 Miliar rupiah dan Masjid Al-Falah sebesar 250 juta rupiah, total bantuan untuk masjid dan Mushola Se-Kecamatan Tebingtinggi sebesar 2 Miliar rupiah lebih.

Selain bantuan Masjid dan Mushola, seperti juga dilakukan untuk Kecamatan lainnya, Pemkab Kepulauan Meranti juga menyalurkan bantuan peralatan olahraga dan bantuan baju dinas untuk seluruh Ketua RT dan Ketua RW Se-Kecamatan Tebingtinggi.

Pada kesempatan itu, dalam rangka menghimpun aspirasi masyarakat untuk dituangkan dalam program pembangunan kedepan, Bupati juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan para tokoh masyarakat Tebingtinggi. Berbagai masukan disampaikan masyarakat diantaranya minta Bupati melanjutkan program pembangunan hingga 5 tahun kedepan, seperti proyek air bersih.

Dijelaskan Bupati, proyek air bersih sudah menjadi prioritas Pemda Kepulauan Meranti, saat ini secara bertahap sudah dituntaskan di pedesaan, salah satunya di Desa Tanjungsamak dan menyusul Desa Bantar, sementara untuk proyek besar di Kecamatan Tebingtinggi akan dilaksanakan di tahun 2017 mendatang.

"Nantinya kita akan membangun waduk dengan membendung sungai Perumbi, kajian telah selesai dilakukan," ucap Bupati Irwan.

Dan jelang proyek air bersih tersebut tuntas, sebagai solusi jangka pendek Pemda Kepulauan Meranti terus melaksanakan program pembangunan sumur bor yang dibagikan untuk ribuan masyarakat.

Selain menyampaikan berbagai program pembangunan, seiring cuaca ekstrim saat ini, Bupati Kepulauan Meranti juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Karena sangat berpotensi terjadinya kebakaran yang lebih luas, terutama di wilayah Kecamatan Tebingtinggi Barat, Tebingtinggi dan Rangsang Barat.

"Mari jaga jangan bakar lahan sembarangan disaat-saat kritis ini, membakar lahan dapat menimbulkan kebakaran dan penyakit ISPA, saya titip kepada tokoh masyarakat Ketua RT dan Ketua RW, mari sosialisaikan untuk membuka lahan jangan dengan cara membakar," pungkasnya. (rilis humas setda meranti)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com