Kesiapan Pilkada Bengkalis Ditinjau bawaslu Provinsi

Dibaca: 844 kali  Rabu,11 Maret 2015 | 02:59:00 WIB

 Kesiapan Pilkada Bengkalis Ditinjau bawaslu Provinsi
Ket Foto :

Bengkalis-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu) Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkalis, Selasa (10/3/2015). Kunker itu bertujuan untuk melihat langsung kesiapan Kabupaten Bengkalis melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati, akhir Desember 2015 mendatang.
 
Kunker Banwaslu Provinsi Riau ke Kabupaten Bengkalis dipimpin Ketua Banwaslu Provinsi Riau, Edy Syarifuddin, diikuti dua anggotanya, Rusidi Rusdan  dan Fitri Herianti. 
 
Kedatangan mereka ini disambut baik Bupati Bengkalis, diwakili Asisten Tata Praja, H Amir Faisal. Selain itu, juga turut hadir KPU Bengkalis, Deftri Akbar, serta perwakilan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Adihan dan Eddy Budianto.
 
Di hadapan Banwaslu Provinsi Riau, Amir Faisal memaparkan, tentang kesiapan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menghadapi pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati. 
 
Salah satu bentuk  kesiapan yang diberikan, terkait penanggaran alokasi untuk mendukung kegiatan Banwaslu Kabupaten Bengkalis yang dianggarkan sekitar Rp 14 miliar.
 
Kemudian, dalam upaya menunjang kelembagaan Banwaslu Kabupaten Bengkalis, saat ini belum memiliki sekretariat atau kantor. Pemkab Bengkalis juga akan memberikan dukungan penyediaan sekretariat, berikut tenaga sumber daya manusia (SDM) di sekretariat Banwaslu.
 
"Kendati anggota Banwaslu Kabupaten Bengkalis sudah ada, lanjutnya, namun mereka masih belum dilantik, maka Pemerintah Kabupaten Bengkalis, juga akan mempersiapkan Sekretariat Panwaslu tersebut. Untuk permintaan pegawai Sekretariat oleh Bawaslu dalam membantu Panwaslu Provinsi, ini nanti akan kita koordinasi dulu dengan pimpinan,” ungkap Amir Faisal.
 
Sementara itu, Ketua Banwaslu Provinsi Riau,  Edi Syarifuddin  mengatakan, kehadirannya ke negeri Junjungan ini juga untuk mengetahui perhatian pemerintah terhadap Sekretariat Panwaslu Kabupaten Bengkalis, sebagai tempat untuk bekerja jika telah dilantik nanti. 
 
“Kehadrian kita ke Bengkalis ini adalah untuk mengetahui ketegasan anggaran dalam pelaksanaan Pemilu untuk Panwaslu Kabupaten yang telah ada, namun belum kita lantik,” ujar Ketua Bawaslu Provinsi Riau.
 
Sedang Ketua KPU Bengkalis, Deftri Akbar mengatakan, untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan bupati/wakil bupati, pihak telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.
 
Untuk menunjang kinerja Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Pemkab juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp14 miliar untuk Panwaslu Kabupaten Bengkalis.
 
"Untuk Panwaslu telah diakomodir pada APBD murni 2015. Kisarannya sekitar Rp14 miliar,” ujar Amir Faisal.
 
Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga akan mempersiapkan Sekretariat Panwaslu agar panwaslu bisa bekerja optimal. “Hari ini memang kita belum memiliki Sekretariat untuk Panwaslu. Namun, kita akan berupaya untuk menyediakan itu. Agar Panwaslu dapat bekerja dengan optimal dalam proses Pilkada nanti,” ungkapnya. (rep05/mcr)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com