Camat Merbau Himbau Warga Cegah Karhutla

Dibaca: 1258 kali  Jumat,13 Maret 2015 | 09:25:00 WIB

Camat Merbau Himbau Warga Cegah Karhutla
Ket Foto : Camat Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, Wan Abdul Malik SPdi

MERBAU - Camat Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, Wan Abdul Malik SPdi, menghibau warganya untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan. Himbauan itu disampaikan Camat dalam berbagai kegiatan yang dihadirinya.

"Ini berulang kali saya sampaikan kepada warga dalam berbagai kegiatan yang saya hadiri, supaya masyarakat kita mengerti sehingga perduli, waspada dan ikut mencegah terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan," kata Wan Abdul Malik, di Telukbelitung, Kamis (12/3) kemarin.

Disampaikannya, kebakaran hutan dan lahan akan berdampak yang luas, tidak hanya terhadap masyarakat yang ada di sekitar lokasi kebakaran, namun juga masyarakat yang ada di daerah lain.

"Akibat dari Kebakaran hutan dan lahan, terutama di lahan gambut yang sangat mudah terbakar, berdampak sekali terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kecamatan Merbau ini," ujarnya.

Untuk itu, jelasnya Pemerintah Kecamatan Merbau perlu terus menghimbau kepada seluruh masyarakat dan perusahaan agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara membakar, terlebih kondisi cuaca di Kecamatan Merbau saat ini masih tergolong ekstrim atau panas.

"Melihat dari pengalaman kita tahun lalu, kebakaran hutan dan lahan yang melanda tanah perkebunan masyarakat jumlahnya tidak sedikit dan sangat dirasakan dampak ekonominya," bebernya lagi.

Camat sangat mengharapkan agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran supaya tidak lagi terjadi Karhutla di Pulau Padang, khususnya di wilayah Kecamatan Merbau.

"Mudah-mudahan tidak terulang kembali, terjadinya kebakaran hutan dan lahan perkebunan masyarakat tahun lalu sangat disesalkan, karena mata pencarian masyarakat bergantung pada kerja menakik karet dan berkebun sagu," ucap Camat. (and)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com