*Jenguk Bayi Penderita Atresia Bilier

Bupati Irwan Upayakan Rujuk Sukna Ke-RS Cipto Jakarta

Dibaca: 2185 kali  Selasa,17 Maret 2015 | 02:12:00 WIB

Bupati Irwan Upayakan Rujuk Sukna Ke-RS Cipto Jakarta
Ket Foto : Bupati Irwan beserta rombongan saat menjenguk Bayi Sukna Clarisa di rumahnya Jalan Hidayah Desa Alahair Timur

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, prihatin atas musibah yang dialami Balita Sukna Clarisa (5 bulan), yang menderita penyakit penyumbatan saluran empedu dan gangguan hati, untuk itu kepada pihak keluarga Bupati berjanji akan berupaya merujuk Suknia ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta.

"Kalau disini (Kabupaten) tidak mungkin, Provinsi saja sudah angkat tangan, satu-satunya cara kita akan mengupayakannya ke RS Cipto Jakarta," ujar Bupati Irwan saat menjenguk Sukna dirumahnya Jalan Hidayah, Desa Alahair Timur, Selatpanjang, Selasa (17/3).

Menurut Bupati, dengan merujuk ke RS Cipto disamping akan mendapat perawatan optimal, Bupati berharap bayi Sukna juga mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat.

Sukna merupakan balita buah hati dari pasangan Sukriyah (ayah) dan Alaina (Ibu) warga Jalan Hidayah, Alahair Timur, Selatpanjang. Balita malang ini penderita penyakit langka gangguan hati dan penyumbatan saluran empedu, tercatat dari 250 juta penduduk Indonesia hanya 15 orang saja yang menderita penyakit serupa dan kebanyakan dari penderita tak tertolong.

Dari keterangan Sukriyah ayah dari Sukna kepada Bupati, segala upaya telah dilakukan oleh pihak keluarga untuk mengobati buah hatinya, terakhir Sukna mendapat perawatan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, namun karena keterbatasan alat medis RSUD Arifin Achmad meminta kapada pihak keluarga untuk membawa ke Rumah Sakit yang lebih canggih.

"Kata pihak rumah sakit anak saya harus segera dioperasi Transplantasi Hati, tapi setahu saya biayanya bisa miliaran, dan juga harus ada pendonor," ujar Sukriyah pasrah.

Sukriyah mengaku ikhlas apapun yang akan terjadi pada anaknya, namun sepanjang Sukna masih bernafas ia akan tetap berusaha untuk mengobati, iapun sangat berharap uluran tangan dari berbagai pihak untuk membantu pengobatan Sukna.

"Saya pasrah pak Bupati, kalo ada yang mau membawa anak saya bawalah, tolong bantulah anak saya," ucap Sukriyah lirih.

Saat ini Bupati akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk merujuk Sukna ke RS Cipto Jakarta, untuk tahap awal Bupati menyerahkan bantuan kepada pihak keluarga yang diterima langsung oleh Sukriyah, berupa uang kepada pihak keluarga, bantuan berasal dari sumbangan para CPNS, PNS, Bagian Kesra dan Pribadi Bupati Irwan. (Rilis Humas Setda Meranti)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com