Di Afrika Tengah, 436 Masjid Hancur dalam Setahun karena Konflik

Dibaca: 852 kali  Kamis,19 Maret 2015 | 12:47:00 WIB

 Di Afrika Tengah, 436 Masjid Hancur dalam Setahun karena Konflik
Ket Foto :

Setelah  satu tahun lebih konflik keskterian terjadi  di wilayah Republik Afrika Tengah (CAR), hampir 436 masjid  telah dihancurkan.
 
Menurut keterangan Samantha Power utusan Amerika Serikat untuk PBB pada Selasa (17/3), sebanyak 417 masjid di CAR telah hancur sejak konflik mulai terjadi pada tahun lalu. Sementara puluhan masjid lainnya hancur pada tahun ini.
 
Hal itu disampaikan Power saat melakukan kunjungan ke wilayah tersebut pekan lalu. Dia menemukan bahwa hal yang tersisa dari wilayah itu hanyalah penduduk yang ketakutan.
 
Power sendiri menyatakan keprihatiannnya tentang absennya keamanan, mengingat sekitar 750 tentara dari Uni Eropa akan meninggalkan negara tersebut akhir pekan ini.
 
Sementara itu, seperti dimuat Press TV, pasukan penjaga perdamaian PBB dinilai belum mengerahkan kekuatan penuh di CAR. PBB baru mengerahkan sekitar 80 persen dari sekitar 10 ribu pasukan penjaga perdamaian yang direncanakan.
 
Wilayah tersebut diketahui dilanda konflik sekretarian sejak Desember tahun 2013 lalu di mana kelompok bersenjata Kristiani meluncurkan serangan terkoordinat kepada kelompok Muslim Seleka yang menggulingkan pemerintahan pada bulan Maret tahun lalu.(rep05)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com