April, Bank Riau-Kepri Gelar RUPS untuk Posisi Direktur Utama

Dibaca: 757 kali  Sabtu,21 Maret 2015 | 03:15:00 WIB

 April, Bank Riau-Kepri Gelar RUPS untuk Posisi Direktur Utama
Ket Foto :

 Pekanbaru-Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan Bank Riau-Kepulauan Riau akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada April 2015 yang antara lain menentukan direktur utama (dirut) yang kosong sejak tiga tahun terakhir.
 
"RUPS rencananya bulan April," kata Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Jumat.
 
RUPS Bank Riau-Kepulauan Riau (Kepri) tersebut akan diikuti seluruh pemerintah daerah pemegang saham, di mana Pemerintah Provinsi Riau masih menjadi pemegang saham mayoritas di bank pembangunan daerah itu.
 
Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu mengatakan RUPS harus segera digelar sebagai tindak lanjut hasil uji kepatutan dan kelayakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
RUPS Bank Riau-Kepri pada November 2014 memutuskan dua orang kandidat untuk posisi dirut yaitu Irvandi Gustari dari Bank MNC Jakarta dan Sonni Triandaloso dari Bank Mandiri Jakarta.
 
Dua kandidat itu kemudian mengikuti uji kepatutan dan kelayakan oleh OJK. Andi Rachman mengatakan dirinya sudah mengetahui hasil uji kepatutan dan kelayakan itu.
 
"Keduanya dinyatakan lolos uji kepatutan dan kelayakan," katanya.
 
Sesuai prosedur yang berlaku, siapa nanti yang akan menjadi dirut tetap harus diputuskan melalui RUPS untuk memilih salah satu dari dua kandidiat yang lulus uji kepatutan dan kelayakan OJK itu.
 
Posisi dirut pada bank pembangunan daerah tersebut sudah hampir tiga tahun terakhir kosong. Sebelum kewenangan pengawasan perbankan ditangani oleh OJK, pemegang saham pernah melakukan RUPS-LB untuk mengajukan beberapa nama calon dirut kepada Bank Indonesia (BI) pada 2012.
 
Namun dari nama dirut yang sudah disetujui oleh BI itu, ternyata mereka tidak kunjung melakukan tugasnya selama enam bulan berturut-turut sehingga harus dilakukan pengajuan nama baru. (rep05)
  
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com