*Bernama Nanda Al-Musthoffa

Bupati Irwan Resmikan Gedung Kampus STKIP Meranti

Dibaca: 1635 kali  Minggu,22 Maret 2015 | 09:37:00 WIB

Bupati Irwan Resmikan Gedung Kampus STKIP Meranti
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, menandatangani prasasti peresmian Gedung Nanda Al-Musthoffa STKIP Meranti di Kecamatan Merbau, Minggu (22-3

MERBAU - Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, meresmikan Gedung Kampus Nanda Al-Musthoffa Sekolah Tingggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) yang beralamat di Jalan Kondur Nomor 09 Desa Bagan Melibur, Kecamatan Merbau, Minggu (22/3).

Selain Bupati, juga tampak hadir Ketua Kopertis Wilayah X Prof Drs Ganefri MT PhD, Pendiri STKIP, Basiran SE MM, Ketua STKIP, Imam Ghozali MPdi, Sejumlah anggota DPRD Kepulauan Meranti, Sekcam Merbau, Ketua LAMR Merbau, Sejumlah Dosen STKIP, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Merbau.

Bupati Irwan dalam sambutannya mengatakan bahwa ini merupakan tonggak sejarah yang luar biasa dan menjadi kebanggaan juga akan memicu pemkembangan daerah Kepulauan Meranti untuk masa akan datang.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa, ini merupakan suatu
perkembangan yang baik untuk kemajuan daerah kita. Saya himbau agar kita semua bisa bersama-sama mendukung, mengembangkan dan memajukan STKIP Meranti ini untuk kedepannya," tuturnya.

Dia juga mengatakan, bahwa saat ini Kabupaten Kepulauan Meranti masih banyak membutuhkan guru, dan guru yang berkualitas sangat diharapkan. Menurut Bupati Irwan, dengan berdirinya STKIP Meranti ini diharapkan bisa mewujudkan semua itu.

"Kita harus berkerjasama dan harus bisa merekrut dosen yang berkualitas, sehingga bisa mewujudkan STKIP Meranti yang bermutu dan berkualitas. Dan saya yakin kampung ini akan jadi kampung yang tinggi akan pendidikan. Mudah-mudahan dengan berdirinya STKIP Meranti ini bisa meningkatkan kualitas guru di Kepulauan Meranti," paparnya.

Sementara itu, Ketua Kopertis Wilayah X Prof Drs ganefri MT PhD,
dalam sambutannya mengatakan bahwa ini merupakan sejarah baru karena STKIP Meranti berdiri di dearah Desa di Kepulauan Meranti, yang biasanya suatu perguruan tinggi itu berdiri di Pusat Kabupaten.

"Saya merasa tertarik dengan didirikannya STKIP Meranti ini, karena letaknya di daerah Desa. Pembukaan suatu pendidikan itu tidak penting letaknya di Desa maupun di Kota, yang penting institusinya bagus dan berpotensi," jelasnya.

Dia juga menerangkan, bahwa STKIP Meranti sudah mempunyai izin dan terakeditasi C. Nilai akreditasi itu dikarenakan STKIP Meranti belum mempunyai lulusan.

"Kami mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat, karena sesuai undang-undang yayasan, meskipun pendirinya satu orang namun sudah atas nama milik yayasan. Jadi sudah merupakan tanggungjawab kita bersama," harapnya.

Pendiri STKIP Meranti, Basiran SE MM, dalam sambutannya mengatakan, dengan berdirinya STKIP Meranti diharapkan semua anak di Meranti yang berada di pelosok Desa juga bisa mendapat pendidikan lebih tinggi yang sebelumnya harus jauh ke Kota untuk mendapat pendidikan lebih tinggi tersebut.

"Kita ingin semua anak di Meranti ini bisa mendapatkan pendidikan lebih tinggi yang tidak perlu jauh-jauh ke Kota. Kita tidak mau anak daerah Kota saja yang mendapatkan pendidikan lebih tinggi, namun anak di Desa juga harus bisa mendapatkan pendidikan lebih tinggi tersebut," paparnya.

Dijelaskannya bahwa, setelah diresmikannya Gedung Kampus Nanda Musthoffa STKIP Meranti pada hari ini, maka pada 2 April 2015 mulai dibukanya pendaftaran penerimaan mahasiswa baru. Selain itu juga, untuk Kampus pusat STKIP Meranti yakni di Kecamatan Merbau dan Kampus kedua akan dibangun di pusat Kabupaten.

Untuk biaya kuliah, lanjut Basiran, tidak begitu besar. Dan bagi anak mahasiswa perdana, Yayasan Putra Meranti akan memberikan beasiswa sebesar Rp500 ribu persemester persiswa.

"Harapan kita bersama bahwa masa depan Kabupaten Kepulauan Meranti tercinta ini akan diisi oleh generasi penerus yang pasti ada lulusan dari perguruan tinggi ini," tuturnya lagi. (bbe)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com