Kader PKK Pendukung Utama Pembangunan Kepulauan Meranti

Dibaca: 2017 kali  Senin,23 Maret 2015 | 07:33:00 WIB

 Kader PKK Pendukung Utama Pembangunan Kepulauan Meranti
Ket Foto :

Di setiap daerah di seluruh Indonesia, posisi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) selalu strategis dan menjadi salah satu pondasi utama tercapainya pembangunan. Hal tersebut disebabkan karena perempuan selalu memiliki peran vital dalam setiap proses pembangunan masyarakat dan pemerintahan.
 
Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. Iqaruddin, M.Si, saat HUT PKK Ke-43 Tingkat Kabupaten Meranti, bertempat di Aula Afifa, Selatpanjang, Senin (2/4). Untuk Sekda mengajak para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Meranti dapat meningkatkan wawasan dan perannya dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Meranti.
 
"Perempuan adalah ruh bagi sebuuah keluarga. Sebuah keluarga yang sehat dan harmonis, akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan pembangunan setiap masyarakat dan pemerintahan," ungkap Iqaruddin. 
 
Hadir pada kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Meranti Hj. Nirwana, Kepala Badan/Dinas terkait, Kapolres Meranti, Perwakilan Kajari Selatpanjang, Kepala BPM Kabupaten Meranti, Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang,  Kadisdik, Camat, Kajari Selatpanjang, Polwan Polres Meranti serta Kader PKK Se-Kabupaten Meranti.
 
 
Dikatakan Sekda, PKK bersama organisasi kewanitaan lainnya, merupakan organisasi yang sangat strategis dalam rangka memberikan pemberdayaan kepada masyarakat melalui kegiatan yang lebih kongkrit. Dan sesuai dengan kodratnya, yang paling tepat melaksanakan itu adalah para wanita. "Kader PKK dapat menjadi kekuatan pendorong ekonomi dengan sifatnya yang rajin, telaten dan sabar, keunggulan itu hanya ada didiri para ibu," ujar Sekda.
 
Dengan segala kelebihan yang dimiliki itu Sekda berharap, kader PKK bersama-sama masyarakat dan pemerintah turut membantu mensukseskan program Pemda melalui pemberdayakan masyarakat yang disinerjikan dengan potensi kearifan lokal, sehingga menghasilkan barang yang memiliki nilai ekonomi tinggi yang dapat menjadi sumber pendapatan keluarga, dalam menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
 
"Saat ini angka kimiskinan di Kabupaten Meranti mencapai 43 persen dan kantong terbesar berada di pedesaan mari perkuat kader PKK Desa agar perekonomian mereka terangkat," ajak Sekda.
 
Pemda sendiri melalui instansi terkait akan mendukung memasarkan produk unggulan dari masyarakat salah satunya melalui Badan Penanaman Modal dan Investasi.
 
Lebih jauh dikatakan Sekda, peran PKK dalam membina dan meningkatkan kesejahteraan keluarga harus lebih ditingkatkan sehingga apa yang diharapkan melahirkan generasi yang berkwalitas dapat diwujudkan. "Melahirkan generasi berkwalitas tentu harus diawali dengan keluarga yang berkwalitas dan PKK harus mampu memberikan pembinaan kepada masyarakat bagaimana mengelola keluarga yang baik,"ucap Sekda khususnya dari segi Iman dan Taqwa yang sudah mulai luntur dikalangan generasi muda.
 
Agar hal itu dapat dicapai para kader PKK juga harus meningkatkan kemampuan dan wawasan serta keteladanan kader dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkwalitas.
 
 
Peran strategis PKK menurut Sekda, dapat diaplikasikan kesemua sektor sesuai dengan 4 Pilar PKK yakni mensukseskan kehidupan beragama, meningkatkan kwalitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat. Termasuk juga mendukung demokrasi di Kabupaten Meranti yang tak lama lagi akan menggelar pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah. 
 
"PKK juga dapat berperan dalam mensukseskan perpolitikan di Kabupaten Meranti, salah satunya meningkatkan jumlah pemilih," ujar Sekda.
 
Di akhir  Sekda menegaskan, Pemerintah Kabupaten Meranti berkomitmen mendukung kegiatan gerak PKK Kabupaten Kepulauan Meranti, namun diingatkan kegiatan PKK jangan hanya sebatas seremonial tapi harus mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Meranti, karena untuk mewujudkan itu Pemda butuh dukungan dari semua pihak.
 
Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yakni kategori Pidato Ketua Tim Penggerak PKK Desa Dimenangkan Kecamatan Rangsang Barat, Penyuluh BKB Kemas Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Penyuluh PAR Kecamatan Rangsang, Penyuluh Upaya Penurunan AKI Tebing Tinggi Timur, Desain Baju Kerja PKK Tebing Tinggi, Mars PKK Tebing Tinggi, Yel-Yel Rangsang Barat. 
 
Pemkab Meranti Dukung Penuh TP PKK 
 
Di Kabupaten Kepulauan Meranti sendiri, Pemerintah Daerah menggandeng Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Meranti yang merupakan mitra pemerintah. Hal ini dilakukan karena PKK memiliki kader-kader yang telah terlatih hingga di tingkat pedesaan, kader-kader PKK ini berkewajiban menjadi penggerak program-program pro-poor melalui program pro jobs.
 
Dibawah kepemimpinan Ny Nirwana Sari Irwan SE, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Meranti telah banyak membantu pemerintah daerah, keberhasilan PKK dalam program Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA), UP2K, Toga, Posyandu, dan Pengembangan PAUD, memang telah membuahkan hasil dan patut diacungi jempol.
 
“Dalam program kami, Kader PKK mempunyai peran sebagai pelopor penggerak pembangunan dalam mewujudkan keluarga harmoni. Jika ini terwujud akan memperlancar pembangunan dibidang lainnya di daerah ini. PKK lahir dengan misi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga melalui pengembangan ekonomi, yaitu usaha-usaha rumah tangga atau home industri yang berbasis kepada keterampilan perempuan,” demikian kata Ny Nirwana Sari Irwan SE, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
 
Menurut Nirwana Sari, kiprah gerakan PKK adalah untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas bagian dari karakter building yang bercirikan Sejahtera, Sehat, Maju, Mandiri, Keluarga kecil berwawasan, Bertanggungjawab, Harmonis dan Bertaqwa. Kemudian Pemberdayaan Masyarakat Ketahanan Pangan Dan HATINYA PKK Menciptakan Pemukiman Sehat dan Produkti.
 
Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Meranti, bersama PKK mewujudkan gerakan HATINYA (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman). Kegiatan ini merupakan pengembangan pemanfaatan pekarangan yang dapat menunjang ketahanan pangan keluarga. Untuk mendukung terwujudnya pembenihan sayuran di tingkat RW, kepada masing-masing wilayah dibagikan paket benih sayuran serta satu paket rak tanaman sayuran vertikultur. Kerjasama ini akan terus berlanjut untuk mensukseskan pengembangan vertikultur sayuran di pekarangan rumah warga di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
“Kami dipercayakan pemerintah untuk menangani program ini. Dan kami sudah melakukan pembinaan kepada masyarakat tentang arti pentingnya HATINYA PKK di tengah-tengah masyarakat dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Ada beberapa desa yang saat ini sedang menjalankan program ini,” sebutnya.
 
Dorong Peningkatan Program PAUD
 
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Meranti pun menggandeng PKK sebagai mitra untuk mewujudkan komitmen meningkatkan pendidikan anak usia dini (PAUD). Menurut Ketua TP PKK, Nirwana Sari membumikan atau memasyarakatkan program nasional tersebut sebagai salah satu program unggulan TP PKK di Kabupaten Kepulauan Meranti, sehingga dengan begitu secara bertahap kualitas SDM putra dan putri daerah sudah mulai dibentuk dan dipersiapkan sejak usia dini.
 
”Sejauh ini kami dari TP PKK terus mengupayakan pemberdayaan lebih luas lagi program-program yang menjadi orientasi visi dan misi dari program PAUD”, sebutnya.
 
 
Dengan beragam upaya pemberdayaan program PAUD itu, pihaknya berharap akan memberikan dampak nyata dari peningkatan perkembangan anak secara positif sebelum mereka masuk lembaga pendidikan formal di tingkat Taman Kanak - Kanak (TK), dan dengan begitu keinginan pemerintah daerah untuk menyiapkan generasi daerah dengan kualitas SDM yang baik sudah dirancang dan dipersiapkan semenjak anak berusia dini.
 
“Seperti kita ketahui, program PAUD sebagai lembaga pendidikan non formal, didalamnya mencakup kegiatan kelompok bermain, penitipan anak yang juga kita kembangkan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” paparnya.
 
Masih banyak lagi kegiatan PKK, seperti UP2K yang merupakan kegiatan dalam upaya ikut membina dan mengembangkan kegiatan sabuah keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan dengan harapan mampu menjadi wiraswasta dan meningkatkan tumbuhnya kegiatan yang bersifat kooperatif.
 
Maka ia menghimbau bahwa gerakan PKK harus mengarah ke terbentuknya keluarga yang maju, mandiri dan sejahtera, dengan memaksimalkan 10 program pokok PKK. “PKK perlu memahami pemberdayaan masyarakat, program-program dasar sosial, manajemen pembangunan partisipasi masyarakat, kedudukan, serta peran dan fungsinya di masyarakat,” sambungnya.
 
Di manapun, kapanpun dan dalam keadaan seperti apapun, tambahnya, PKK harus tetap solid, kompak dan saling bahu-membahu. Selain dituntut untuk memberdayakan masyarakat, kader PKK juga harus mempunya kemampuan serta keterampilan yang memadai, agar setiap kader mempunyai mutu dan kualitas yang bisa diandalkan. (adv/susanto/rilis Humas Meranti).
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com