*Peresmian Pengoperasian Sumur MSTB-01

Produksi Minyak EMP MSSA Bertambah 300 Barel Perhari

Dibaca: 1375 kali  Selasa,24 Maret 2015 | 04:36:00 WIB

Produksi Minyak EMP MSSA Bertambah 300 Barel Perhari
Ket Foto : seremoni pemutaran valve sebagai simbol diresmikannya pengoperasian perdana sumur MSTB 01 EMP MSSA

TEBINGTINGGI BARAT - Perusahaan minyak dan gas bumi yang beroperasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, yakni EMP Malacca Strait SA (EMP MSSA), meresmikan pertambahan produksi minyak sebanyak 300 barel perhari dari Lapangan MSTB-01, di Desa Tanjung, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Selasa (24/3). Peresmian tersebut dihadiri oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi dan jajarannya.

General Manager (GM) EMP MSSA, Bagus C Kartika, dalam sambutannya mengatakan EMP MSSA telah merencanakan untuk mengoperasikan Lapangan MSTB sejak lama. Saat ini, Lapangan MSTB sudah berproduksi sebesar 300 barel perhari.

"Terimakasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu hingga suksesnya pengoperasian perdana sumur MSTB ini," kata Bagus.

Bagus menambahkan, di masa yang akan datang, EMP MSSA berencana untuk menambah produksi dari Lapangan TB. Hal ini akan direalisasikan dengan memproduksi 4 sumur lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Bagus juga mengatakan EMP MSSA akan menambah pasokan gas ke PLN. Gas tersebut rencananya akan digunakan untuk kelistrikan bagi masyarakat di Desa Mengkikip, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Mudah-mudahan listrik itu nanti dapat memberi manfaat bagi kemaslahatan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terimakasih kepada EMP MSSA atas beroperasinya sumur MSTB-01 tersebut. Pihaknya berharap, di masa yang akan datang Kabupaten Kepulauan Meranti mampu untuk mengolah minyak mentah secara mandiri agar masyarakat tidak kekurangan bahan Bakar Minyak (BBM).

"Jika kita berkerjasama, maka hal ini akan mudah dilaksanakan," pesannya.

Usai memberikan kata sambutan, Bupati beserta jajarannya dan GM EMP MSSA beserta jajarannya melakukan seremoni pemutaran valve sebagai simbol diresmikannya pengoperasian perdana sumur MSTB 01 ini. Setelah itu, dilakukan penanda-tanganan spanduk bertema keselamatan kerja.

Kemudian, bersama-sama pejabat lain Bupati melakukan penanaman pohon di sekitar area operasi. Hal ini dilakukan sebagai simbol gerakan penghijauan.

Selain Bupati dan jajarannya, hadir pula dalam acara tersebut Kepala Operasi SKK Migas Sumbagut, Rudy Fadjar dan Staf Operasi SKK Migas Sumbagut, Ilham. Selain itu, ada pula Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi dan Kepala Kejaksanaan Negeri Kepulauan Meranti, Made Suardjana SH.

Hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti dan jajarannya serta Pabung Kodim 0303 Bengkalis, Mayor (Arm) Bismi Tambunan.

Kepala Departemen Komunikasi EMP, Dahrul Hidayat mengatakan, pengeboran dan drill stem test (DST) sumur MSTB-01 dilakukan pada tahun 1987 silam oleh Hudbay Oil. Pengeboran dan DST tersebut dilakukan untuk menemukan potensi keberadaan hidrokarbon.

"Dengan penambahan produksi ini semoga dapat memberi semangat baru serta harapan untuk meningkatkan angka recovery minyak yang dapat terangkat," tutur Dahrul. (rls/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com